-->

Pemeliharaan traksi motor

Written By Anisa film on Jumat, 30 Januari 2015 | 1/30/2015 02:46:00 AM


PEMELIHARAAN SISTEM PENGAWATAN PERANGKAT INDUSTRI
01. Pengelompokan Pengawatan
02. Kelistrikan Lokomotip
03. Modul Elektronik
04. Prinsip kerja Lokomotip Diesel Elektrik
05. Pengaturan tegangan
06. Sinyal Umpan Balik
07. Piranti Pengaturan Beban
08. Silicon Controler Rectifier
09. Sistem Pengaman Slip
10. Pemeliharaan Traksi Motor
11. Kesalahan Utama Gangguan Traksi Motor

Traksi motor

Traksi motor merupakan salah satu komponen penting dalam lokomotif diesel elektrik. Lokomotif diesel menghasilkan tenaga mekanik dari motor diesel dengan daya 2.000 HP yang dihubungkan dengan pembangkit listrik DC yang disebut generator utama (Main Generator) dengan daya sebesar 1,2 Mega Watt. Tenaga listrik dari Main Generator dialirkan ke Traksi Motor yang terpasang pada poros roda Lokomotif (Gambar 8.24). Traksi Motor didinginkan oleh Blower yang terletak terpisah diluar Traksi Motor. Putaran Blower pendingin Traksi Motor diputar oleh mekanik Mesin Diesel.

Gambar 8.24: Traksi Motor D-29

Arah putaran motor dapat diubah dengan membalik tegangan listrik yang dihubungkan ke rangkaian jangkar. Pengaturan putaran motor traksi dilakukan dengan mengatur besarnya tegangan yang dihubungkan ke rangkaian jangkar.

Pembalikan tegangan untuk membalik putaran motor seperti yang tersebut diatas, sama dengan ketika Traksi Motor difungsikan untuk pengereman dinamik. Ini berarti, bahwa untuk pengereman dinamik dilakukan dengan cara membalik tegangan yang dihubungkan ke traksi motor. Selama pengereman dinamik, traksi motor difungsikan sebagai generator yang dihubung-singkatkan dengan resistor grid. Pemegang sikat arang dibuat tahan terhadap benturan, kelelahan, dan tahan terhadap Flash-Over. Kabel penghubung di klem untuk meningkatkan kekuatan tegangan tarik yang terjadi.

Stator

Stator Traksi Motor, (Gambar-8.25) dibuat dari baja tuang yang berfungsi sebagai rumah motor dan sekaligus untuk menempatkan bearing diujung-ujung porosnya. Pada Stator ditempatkan kutub magnet yang dihasilkan oleh belitan magnet stator. Kutub magnet selalu berpasangan Utara-Selatan, sehingga jumlah kutub magnet sebanyak empat buah.

Gambar 8.25. Stator Traksi Motor

Kutub magnet sering juga disebut sebagai medan Magnet. Ada dua jenis medan magnet, yaitu: kutub utama medan magnet dan kutub bantu medan magnet (Interpole magnetfield). Kutub utama medan magnet bentuknya lebih besar, sedangkan kutub bantu medan magnet bentuk fisiknya lebih ramping. Kedua jenis magnet tersebut dirangkaian secara seri.

Rotor

Rotor Traksi Motor, (gambar 8.26) terdiri dari beberapa belitan yang tiap-tiap ujungnya disambungkan ke Komutator dengan cara disambungkan dengan patri yang kuat. Belitan Rotor sering disebut juga dengan istilah Jangkar. Belitan jangkar ditempatkan pada alur Rotor yang jumlahnya dalam bilangan genap.

Gambar 8.26. Rotor Traksi Motor

Jumlah alur Rotor sama dengan jumlah lamel Komutator, hal ini disebabkan setiap belitan Rotor akan menempati dua alur dan pada tiap-tiap ujung belitannya dihubungkan dengan Komutator. Rotor dibuat dari tumpukan pelat-pelat tipis dari bahan ferro Magnet, yang tujuannya untuk memperkecil rugi-rugi hysterisis pada Jangkar.

Komutator

Komutator pada lop tunggal sederhana hanya terdiri dari dua keping lamel. Penghantar pada motor DC dibelitkan dalam kepingan besi yang dibentuk bulat silinder, dan diberikan alur-alur untuk menempatkan lilitan kawat yang selanjutnya disebut lilitan Rotor.

Gambar 8.27: Komutator

Komutator (Gambar-8.27) terdiri atas puluhan bahkan ratusan lamel-lamel, atau tergantung dari berapa jumlah alur dalam Rotor. Komutator terpasang dalam satu sisi ujung poros dengan Rotor. Lamel-lamel Komutator harus dibersihkan secara berkala dari kotoran yang dihasilkan oleh kontak antara komutator dengan sikat arang (Carbon Brush). Antara dua lamel dibatasi dengan bahan isolasi untuk memisahkan dua belitan yang berbeda.

Sikat arang dan pemegang sikat

Sikat arang (Carbon Brush) terbuat dari bahan Ferro Carbon yang dipadatkan. Sikat arang ditempatkan berhadapan dengan komutator, sehingga sikat arang selalu terhubung dengan lamel-lamel komutator. Sikat arang ditempatkan dalam pemegang sikat (Brush Holder) yang dilengkapi dengan pegas.

Gambar 8.28. Sikat Arang dan Pemegang Sikat

Gambar 8.28, pegas akan menekan sikat ke permukaan komutator. Tekanan pegas harus terukur (tidak boleh terlalu lemah atau terlalu kuat). Sikat arang harus diperiksa secara periodik. Jika terlalu pendek atau cacat, maka harus diganti dengan yang baru.

Hubungan pengawatan stator dan rotor

Dari diagram pengawatan Traksi Motor, Gambar-8.28 dapat dijelaskan bahwa: Traksi Motor D-29, memiliki komponen sebagai berikut:

Gambar 8.29: Pengawatan Stator dan Rotor Traksi Motor
  1. Stator, memiliki empat (4) buah Medan Magnet Utama (Main Field) dengan notasi terminal F–FF dan memiliki empat buah Magnet Bantu (Interpole) yang langsung dirangkaian secara seri dengan belitan Jangkar.
  2. Rotor, berupa belitan Jangkar yang diberikan notasi A-AA. Hubungan dari belitan Jangkar ke terminal luar melalui empat (4) buah Carbon Brush. Ujung-ujung belitan jangkar disambungkan secara seri dengan belitan Magnet Bantu (Interpole).

Putaran traksi motor

Ketika merangkai Traksi Motor, maka harus diperhatikan letak kabel mesti benar dan sesuai dengan arah putarannya. Jika terjadi kesalahan pada tahap ini, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada Traksi Motor dan Generator. Perbedaan Wiring Diagram ((gambar: 21) penyambungan pada motor lama dan baru adalah penyambungan kabel 'A' dan Brush Holder, serta hubungan antara Interpole dan Brush Holder). Arah putaran motor dapat dibaca dengan mengamati Nose Suspension ketika Traksi Motor diberi aliran listrik.

2 komentar :

  1. Wah sangat bermanfaat sekali ilmunya berarti motor electric itu ada tiga jenis: M electric, M induksi, M traksi

    BalasHapus
  2. MASIH ADA MOTOR LAIN LAGI YANG BELUM TERJELASKAN SECARA TEORY

    BalasHapus

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger