-->

Kelistrikan lokomotif

Written By Anisa film on Kamis, 22 Januari 2015 | 1/22/2015 02:19:00 AM


PEMELIHARAAN SISTEM PENGAWATAN PERANGKAT INDUSTRI
01. Pengelompokan Pengawatan
02. Kelistrikan Lokomotip
03. Modul Elektronik
04. Prinsip kerja Lokomotip Diesel Elektrik
05. Pengaturan tegangan
06. Sinyal Umpan Balik
07. Piranti Pengaturan Beban
08. Silicon Controler Rectifier
09. Sistem Pengaman Slip
10. Pemeliharaan Traksi Motor
11. Kesalahan Utama Gangguan Traksi Motor

Lokomotif CC-202 merupakan lokomotif yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api (Persero) di Divisi Regional III (Sumatra Selatan). Lokomotif type CC-202 ini secara prinsip adalah merupakan Lokomotif Diesel Elektrik.

Mesin Diesel tersebut adalah sebagai sumber tenaga yang mengubah energi panas menjadi tenaga mekanik putar, yaitu memutar sebuah Generator listrik AC 3 phasa yang berfungsi mengubah tenaga mekanik putar menjadi Energi Listrik. Arus listrik yang telah dihasilkan oleh Generator melalui alat-alat pelayanan dan sistem pengendalian, dialirkan ke Traksi Motor untuk diubah menjadi tenaga mekanik putar untuk memutarkan roda-roda penggerak Lokomotif yang berada di atas rel.

Lokomotif DE (Diesel Elektrik) dibuat oleh General Electric (Lok seri CC-201 dan CC-203) atau juga oleh General Motors (Lok seri CC-202). Dengan kemajuan di bidang elektronika, kedua pabrik pembuat lokomotif telah mengembangkan sistem kelistrikan pada sistem pembangkit listrik, dengan tegangan Alternator AC (bolak-bolak) yang sebelumnya adalah Generator DC (rata), telah mengadakan perubahan pada sistem pelayanan dengan menggunakan perangkat semi konduktor yang berupa Transistor, IC, Kondensator, Resistor, SCR, Diode, atau dan lain-nya yang terangkai dalam satu Modul sesuai dengan fungsi masing-masing.

Data teknik lokomotif

Lokomotif
  • Model:                            G 26 MC-2
  • Jenis/Roda penggerak:     CC 202/6 Roda penggerak
  • Berat/Tekanan gandar:     108 Ton/10 Ton

    Gambar 8.4. Tampak samping Lok CC-202
Mesin Diesel
  • Model:                             645 E
  • Cara kerja:                       2 Tak
  • Jumlah silinder:                 16 Silinder "V"
  • Main generator:                3 Phase bolak-balik
  • Exiter:                              3 Phase bolak-balik
  • Aux. generator:                 3 Phase bolak-balik
  • Mula gerak mesin diesel:   2 Buah star motor
  • Sistem pengereman:          Rem udara tekan dan rem dinamik
  • Kompresor:                      Wbo dengan pendingin air
  • Traksi motor:                    Dc motor type D 29
  • Sistem pelayanan:             Elektronik/Modul-modul
  • Perlengkapan khusus:        2 Unit radio komunikasi
  • Perekam kecepatan:          Magnetik tape recorder
  • Kabin masinis:                  Satu kabin, satu meja pelayanan
  • Batteray:                          74 Volt

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger