-->

Pelacakan alamat tidak langsung dan indeks

Written By Anisa film on Selasa, 24 Februari 2015 | 2/24/2015 01:34:00 AM


PELACAKAN KERUSAKAN PERALATAN BERBASIS PLC
01. Pengenalan PLC
02. Prinsip Dasar dan Cara Kerja PLC
03. Tipe PLC
04. Bahasa Pemrograman PLC
05. Kelistrikan dan Keamanan PLC
06. Modul-Modul I/O
07. Pemeliharaan Perangkat Lunak PLC
08. Pemeliharaan Timer
09. Pemeliharaan Pencacah (Counter)
10. Program Comparason-Convers
11. Pelacakan Kesalahan dengan BDC
12. Pemeliharaan Program Kontrol
13. Instruksi Subroutin
14. Alamat Tidak Langsung dan Indeks

Moda Alamat adalah pemilihan data oleh PLC yang akan digunakan dalam sebuah instruksi. Moda alamat dibuat dengan menentukan instruksi dari operand. Jadi, pada topik ini akan ada istilah: data, operand, dan moda instruksi, yang didefinisikan sbb.
  • Data: nilai numerik yang digunakan untuk komputasi. Misalnya: jika PLC mempunyai nilai 4 dalam sebuah alamat memori dan nilai 2 di alamat memori lainnya, serta ada instruksi ADD untuk kedua alamat tsb, maka setelah instruksi tsb dieksekusi akan ada nilai 4 dan 2.
  • Operand: simbol-simbol dalam sebuah instruksi. Jika terdapat instruksi ADD, maka data yang ada pada alamat memori adalah sama, tetapi lokasi akan ditulis dengan simbol-simbol.
  • Moda alamat (addressing mode): menggambarkan relasi (hubungan) antara operand dan data, yaitu: bagaimana menggunakan operand untuk mengambil data yang tepat.

Alamat langsung (direct addressing)

Pada moda alamat langsung, alamat memori dari data ditentukan dengan instruksi. Contoh pada Gambar 11.67, alamat (2112) dalam instruksi secara langsung menuju alamat yang berisi data (85).

Gambar 11.67: Moda Alamat Langsung

Alamat tidak langsung (indirect addressing)
Pada moda alamat tidak langsung, alamat dalam instruksi berfungsi sebagai titik referensi dan bukan merupakan lokasi yang berisi data yang akan dituju atau diambil. Dengan kata lain, alamat memori dari instruksi berisi alamat dari lokasi dimana data tersimpan, seperti ditunjukkan pada Gambar 11.68.

Gambar 11.68: Moda Alamat Tidak Langsung

Alamat indeks (indexed addressing)

Alamat indeks ialah suatu moda alamat untuk patokan lokasi memori yang berisi 'nilai' alamat memori + nilai data yang tersimpan di dalam indeks register. Alamat indeks sangat berguna untuk mengakses elemen-elemen dalam suatu rumpun (array) data. Alamat dalam instruksi tidak berubah, tetapi nilai indeks register akan berubah (naik), sehingga secara berurutan akan dapat mengakses lokasi rumpun data satu per-satu. Bayangkan, seperti seorang tukang pos yang akan menyampaikan surat untuk seorang penghuni suatu asrama. Alamat asrama adalah tetap satu (alamat instruksi), tetapi alamat kamar masing-masing penghuni asrama berbeda (indeks register). Tukang pos harus menyusur dan melihat pada setiap nomor kamar secara berurutan, mulai dari nomor yang kecil ke nomor yang besar (kenaikan nilai indeks register) untuk menemukan kamar yang tepat. Penghuni kamar adalah data yang akan diakses.

Gambar 11.69: Moda Alamat Indeks

Pelacakan alamat tidak langsung dan indeks dalam diagram

Mode alamat bukanlah instruksi, tetapi dapat digunakan bersama instruksi PLC. Masalah yang sering terjadi ialah, pemilihan offset atau nilai pointer yang berada diluar 'wilayah' tempat penyimanan data, sehingga menyebabkan kesalahan. Beberapa vendor menyediakan kebebasan kepada pemakai untuk menentukan sendiri batas wilayah tempat penyimpanan data.

Program PLC dapat dikembangkan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks pada proses penyelesaiannya. Hal ini dapat menimbulkan masalah, ketika program menggunakan alamat tidak langsung dan alamat indeks pada rang ladder, dimana rang ladder itu tidak dapat berfungsi dengan baik.

Pelacakan program PLC yang mengandung alamat tidak langsung, lebih sulit daripada yang mengandung alamat indeks. Gunakan petunjuk berikut, jika program tidak bekerja dengan baik.
  • Pastikan, bahwa: pointer berada didalam wailayah memori data.
  • Instruksi TND dapat digunakan untuk menghentikan pemindaian di suatu titik dalam diagram ladder yang mengandung alamat indeks yang akan diperiksa.
  • Gunakan pilihan single-step untuk memindai satu rang pada satu waktu. Periksa, dan lakukan analisis bagaimana pointer mengubah aliran alamat.
  • Jika elemen data yang harus disimpan sangat banyak, dan memori penyimpan menggunakan struktur data base, mulailah melacak gangguan dari satu set data yang kecil.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger