-->
Home » , » Pemanfaatan teknik digital

Pemanfaatan teknik digital

Written By Anisa film on Sabtu, 22 Maret 2014 | 3/22/2014 08:29:00 AM


KOMUNIKASI BERGERAK
1. Pemanfaatan Teknik Digital
2. Frekuensi Radio Panggil
3. Sistem Komunikasi Bergerak Selular
4. Perkembangan Komunikasi Bergerak
5. Sistem GSM
6. Komunikasi Data Nirkabel
7. Teknologi Menuju 3G
8. Teknologi 3G
9. Teknologi 3,5G dan 4G

Yang dimaksud dengan komunikasi nirkabel adalah sistem komunikasi yang dilakukan tanpa mengunakan media kabel antara pesawat pengirim dan pesawat penerimanya. Dengan definsi semacam ini, jelas bahwa jenis komunikasinya memiliki beberpa variasi seperti: radio panggil (pager) walkie talky, handy talky, maupun telepon seluler, yang mana sistem komunikasinya dapat dikelompokkan menjadi satu arah (simplex), dua arah bergantian (half-duplex), dan dua arah dalam waktu yang bersamaan (full-duplex).

Contoh komunikasi satu arah adalah sistem radio panggil (pager) yang hanya bersifat menerima pesan, sedangkan dua arah bergantian adalah walky talky dan handy talky yang ciri-ciri pengoperasiannya dilakukan dengan penggunaan saklar atau tombol yang harus ditekan untuk bicara, dan harus dilepaskan ketika mendengarkan (push to talk, release to listen). Untuk telepon nirkabel dua arah tanpa bergantian atau full duplex yang sudah sangat lazim dewasa ini adalah telepon seluler atau ponsel (handphone).

Komunikasi dua arah tanpa perlu bergantian bisa diwujudkan, karena pengirimannya atau transmisinya menggunakan kanal atau saluran yang berlainan ketika menerima suara dan ketika mengirim suara. Kanal transmisi yang digunakan itu dapat terpisah dalam jarak tertentu baik secara frekuensi atau-pun dalam kawasan waktu.

Pembagian kanal dalam kawasan waktu masih tetap dapat dimungkinkan selama laju data di dalam pengirimannya masih lebih cepat jika dibandingkan dengan laju data yang digunakan oleh para penggunanya. Dengan demikian, walaupun kirim dan terima dilakukan pada saat yang berbeda, pengguna komunikasi jenis ini tidak akan merasakan adanya perbedaan (komunikasinya masih dirasakan bersifat serentak antara ketika bicara dan ketika mendengar). Ini tidak lain, karena pemanfaatan teknik digital.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger