-->
Home » , » Komunikasi data nirkabel

Komunikasi data nirkabel

Written By Anisa film on Kamis, 27 Maret 2014 | 3/27/2014 04:52:00 AM


KOMUNIKASI BERGERAK
1. Pemanfaatan Teknik Digital
2. Frekuensi Radio Panggil
3. Sistem Komunikasi Bergerak Selular
4. Perkembangan Komunikasi Bergerak
5. Sistem GSM
6. Komunikasi Data Nirkabel
7. Teknologi Menuju 3G
8. Teknologi 3G
9. Teknologi 3,5G dan 4G

Kebutuhan komunikasi data nirkabel didorong oleh masalah yang berkaitan dengan kepraktisan, karena keruwetan penggunaan kabel dapat dihindari. Komputer (desktop maupun laptop) dapat dihubung ke printer maupun jaringan local yang dikenal dengan LAN tanpa menggunakan kabel. Para pengguna komputer dapat terhubung ke LAN dengan mudah melalui media frekuensi radio (RF) ataupun sinar merah infra (IR).

Sejak tahun 1991, standar komunikasi LAN nirkabel dibahas oleh komite Institusi perekayasa elektro dan elektronika, yang bernama 'Institute of Electrical and Electronic Engineers' (IEEE), yang dikenal dengan IEEE 802.11. Hal-hal yang distandarkan mencakup karakteristik jangkauan, persyaratan throughput, prosedur, dan media transmisinya.

Adanya standar ini akan mempermudah perancangan yang produk barangnya dapat bersaing secara bebeas di pasar. dan terjadinya ketidak-sesuaian kerja produk dari berbagai pabrik pembuatpun dapat dihindari. Sekarang ini, sebagian produk nirkabel yang berwilayah lokal beroperasi pada pita frekuensi tanpa lisensi 2,4 GHz yang memiliki keterbatasan, yakni: lebar pitanya hanya 80 MHz, dan anjuran untuk menggunakan teknologi spektrum tersebar, serta piranti pengguna LAN nirkabel harus tidak menginterferensi berbagai sistem milik para pemegang ijin frekuensi.

Adanya keterbatasan pada frekuensi 2,4 GHz ini menyebabkan badan pemberi lisensi frekuensi di beberapa negara tertentu mengalokasikan spektrum frekuensi pada pita yang lebih tinggi lagi, yakni: 5 GHz. Berbagai nama layanan komunikasi data nirkabel ini misalnya adalah: IEEE 802.11, IEEE 802.11a, IEEE 80211b, HiperLAN1, Bluetooth, dan masih banyak lagi.

Gambar 11.5. Sistem nirkabel pita lebar (broadband)

Gambar 11.6. Kompleksitas hubungan suara dan data nirkabel

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger