-->

Sistem gsm

Written By Anisa film on Rabu, 26 Maret 2014 | 3/26/2014 03:12:00 AM


KOMUNIKASI BERGERAK
1. Pemanfaatan Teknik Digital
2. Frekuensi Radio Panggil
3. Sistem Komunikasi Bergerak Selular
4. Perkembangan Komunikasi Bergerak
5. Sistem GSM
6. Komunikasi Data Nirkabel
7. Teknologi Menuju 3G
8. Teknologi 3G
9. Teknologi 3,5G dan 4G

Dalam sistem GSM, ponsel pengguna berkomunikasi dengan telepon lainya melalui subsistem yang disebut BSS (Base Station Subsystem). BSS ini merupakan pengatur jalur transmisi radio antara ponsel dengan sentral telepon GSM yang disebut MSC (Mobile Station Center).

BSS mencakup BTS (Base Transceiver Station) dan BSC (Base Station Controler). BSC merupakan pembantu MSC yang menangani ponsel yang akan berpindah kanal dari BTS satu ke BTS lainnya ketika ponsel tersebut bergerak keluar dari batas jangkauan sel BTS satu ke batas jangkauan sel milik BTS lainnya, yakni: pindah sel atau pindah kanal frekuensi. Istilahnya disebut 'hand-over' (pindah penanganan). Dengan demikian BSC ini mengendalikan beberapa BTS. Ada BTS yang memiliki lokasi fisik yang sama dengan BSC, ada pula BTS yang terpisah jauh dengan BSC-nya. Perlu diketahui, bahwa: sistem seluler sebelum GSM tercipta, seperti pada AMPS misalnya, pindah kanal (pindah sel atau pindah BTS) yang istilahnya disebut 'hand-off' langsung ditangani oleh MSC (sentral telepon) sehingga, MSC memiliki pekerjaan terlalu berat. Dari penjelasan ini diagram blok system GSM dapat diilustrasikan seperti Gambar 11.4.

Apabila sub-sistem BSS menangani komunikasi jalur radio (komunikasi melalui udara antara ponsel dengan sentral teleponnya) yang disebut dengan MSC, maka hubungan selanjutnya antara MSC dengan sentral telepon kabel (misalnya PT TELKOM) atau pun MSC lainnya, baik MSC milik perator yang sama atau milik operator lainnya (misalnya dari MSC milik PT INDOSAT ke MSC milik PT TELKOMSEL atau PT EXELCOMINDO), ditangani oleh subsitem yang disebut dengan Network Switching Subsystem (NSS).

Gambar 11.4. Diagram blok arsitektur GSM

Selain menangani penyakelaran percakapan antara sistem GSM dan jaringan luar lainnya, NSS juga menangani BSC dalam subsistem radio dalam hal tanggung jawabnya untuk mengatur dan menyediakan akses keluar bagi beberapa basis data pelanggan. Jelasnya, MSC merupakan bagian inti di dalam NSS, yang mengendalikan lalu lintas komunikasi di antara semua BSC. Ada tiga basis data yang dimiliki NSS, yakni: Home Location Register (HLR), Visitor Location Register (VLR), dan Authentication Center (AUC).

HLR merupakan basis data di MSC yang menyimpan informasi pelanggan dan informasi setiap pengguna yang berlokasi dan terdaftar dalam sistem GSM di kota tempat MSC tersebut berada. Setiap pelanggan sistem GSM memang memiliki sauatu identitas yang disebut International Mobile Subscriber Identity (IMSI). Identitas berbentuk angka-angka ini digunakan untuk mengidentifikasi tempat atau lokasi pengguna terdaftar di suatu MSC, misalnya: Yogyakarta, Jakarta, Semarang, atau kota lainnya.

Sementara itu, basis data lainnya yang bernama VLR merupakan basis data yang berfungsi menyimpan informasi pelanggan yang sifatnya sementara, dan IMSI setiap pelanggan yang menjelajah dan mengunjungi wilayah sebuah MSC, yang bukan MSC tempat ia didaftar pertama kalinya oleh operator. Contoh pelanggan yang tedaftar di MSC di Jakarta sebagai lokasi rumahnya (home location) ketika bepergian ke Yogyakarta, maka MSC di Yogyakarta akan ber-posisi sebagai MSC yang di-kunjungi, atau dengan kata lain pelanggan tersebut merupakan pendatang bagi MSC di Yogyakarta.

VLR ini dihubungkan dengan beberapa MSC dalam cakupan wilayah geografi layanan yang dimiliki oleh operator GSM yang bersangkutan. Ketika se-orang pelanggan yang menjelajah atau bepergian ini tercatat di MSC yang dikunjunginya, maka MSC tersebut akan mengirim informasi yang diperlukan ke HLR pelanggan yang sedang mengunjunginya. Dampaknya adalah setiap percakapan ke ponsel yang sedang menjelajah dapat di-rutekan secara tepat melalui PSTN oleh HLR pesawat tersebut, sehingga perhitungan tarif teleponnya dapat disesuaikan. Semakin jauh meninggalkan rumahnya semakin tinggi tarif percakapannya, kecuali operator memprogram lain.

Basis data yang ketiga dinamai 'AuC', yakni basis data yang benar-benar dilindungi oleh operator, karena ia dipakai untuk menangani otentikasi (identitas) dan kunci-kunci enkripsi (pengacakan bit-bit komunikasi untuk menghindari penyadapan telepon) bagi setiap pelanggannya, baik di HLR maupun VLR. AUC memiliki berisi sebuah register yang disebut Equipment Identity Register (EIR) yang meng-identifikasi telepon-telepon genggam yang telah dicuri orang (berdasar laporan pelangan ke-operator teleponnya) maupun diubah dengan tidak sah, yang mengirimkan data identitas yang tidak sesuai dengan informasi yang telah disimpan dalam HLR maupun VLR. Dengan cara ini, maka permintaan komunikasi oleh sebuah ponsel dapat saja dilayani atau tidak dilayani oleh operator karena masuk dalam daftar hitam pada sistemnya.

Subsistem GSM yang ketiga disebut: Operation Support Subsystem (OSS). Sesuai dengan namanya, yakni: system operasi pendukung layanan. Setiap OSS menangani satu atau beberapa pemeliharaan operasi atau Operation Maintenance Center (OMC) yang digunakan untuk memantau dan memelihara kinerja setiap ponsel (MS), BS, BSC, dan MSC. fungsi OMC ini di antaranya adalah untuk:
  • Menangani kerja/memelihara perangkat keras telekomunikasi dan operasi jaringan.
  • Mengatur semua prosedur penghitungan biaya telekomunikasi (billing system).
  • Mengatur semua ponsel yang berada dalam sistem.
Dalam setiap sistem GSM, OMC adalah memiliki kewenangan untuk mengatur berbagai parameter BTS dan prosedur penghitungan biaya percakapannya, juga memberikan kemampuan kepada operatornya untuk menentukan kinerja dan kemampuan setiap ponsel milik para pelanggan atau penggunanya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger