-->
Home » , » Frekuensi radio panggil

Frekuensi radio panggil

Written By Anisa film on Minggu, 23 Maret 2014 | 3/23/2014 12:44:00 AM


KOMUNIKASI BERGERAK
1. Pemanfaatan Teknik Digital
2. Frekuensi Radio Panggil
3. Sistem Komunikasi Bergerak Selular
4. Perkembangan Komunikasi Bergerak
5. Sistem GSM
6. Komunikasi Data Nirkabel
7. Teknologi Menuju 3G
8. Teknologi 3G
9. Teknologi 3,5G dan 4G

Agar tidak terjadi tabrakan frekuensi antara berbagai jenis komunikasi yang akan saling terganggu, maka perlu dilakukan pembagian alokasi frekuensi. Untuk radio panggil, frekuensi yang digunakan bergantung pada berbagai faktor seperti: protokol radio panggil yang digunakan, pabrik pembuat radio panggil dan model atau jenisnya, wilayah layanannya, dan alokasi frekuensi yang ditentukan oleh setiap negara. Gambar 11.1 berikut ini menyatakan alokasi frekuensi yang digunakan oleh sistem komunikasi radio panggil.

Gambar 11.1. Alokasi frekuensi pada komunikasi radio panggil

Sistem telepon nirkabel untuk rumah

Telepon tanpa kabel yang banyak digunakan di rumah merupakan komunikasi jenis full-duplex. Untuk menghubungkan pesawat genggamnya dengan pesawat induknya, saluran transmisinya melalui udara dengan modulasi sinyal secara FM. Sementara itu pesawat induknya dihubungkan ke jalur telepon kabel dengan nomor telepon yang telah ditetapkan oleh perusahaan layanan telepon untuk masyarakat umum atau yang dikenal dengan Public Switched Telephone Network (PSTN) yang di Indonesia sekarang ini adalah PT TELKOM. Telepon nirkabel generasi pertama yang dibuat tahun 80an, pesawat genggamnya hanya mampu bekerja dengan pesawat induknya dalam jarak beberapa puluh meter saja, karena pada awalnya dimaksudkan hanya sebagai ekstensi bagi sebuah pesawat pengirim dan penerima yang dihubungkan ke jalur kawat pelanggan telepon dari sebuah PSTN yang umumnya di pakai dalam lingkungan rumah tangga.

Untuk menambah jangkauannya, pesawat induk generasi kedua sudah dapat mencakup wilayah sampai beberapa ratus meter. Dengan demikian, telepon nirkabel generasi kedua ini sudah memungkinkan para pelanggannya menggunakan pesawat genggam di luar rumah, di wilayah padat di kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan sebagainya. Telepon nirkabel modern ada yang sudah dilengkapi dengan fasilitas penerima pesan panggil (pager).

Gambar 11.2. Hubungan antar telepon nirkabel dengan PSTN.gif

Dengan fasilitas ini biasanya para pelanggannya mula-mula menerima pesan panggil, kemudian menjawab pesan itu melalui telepon nirkabelnya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger