-->
Home » , » Perkakas-perkakas elektrik

Perkakas-perkakas elektrik

Written By Anisa film on Jumat, 27 Juni 2014 | 6/27/2014 08:35:00 AM


INSTRUMEN TELEKOMUNIKASI
01. Jenis Perangkat Uji
02. Perkakas-Perkakas Manual
03. Perkakas-perkakas elektrik
04. Piranti-Piranti Ukur
05. Piranti-piranti pengukur frekuensi
06. Perangkat Uji Lainnya
07. Penguji kabel dan Mini PABX
08. Voice Changer dan LAN Tester
09. Tang Amper dan SWR Meter
10. E-Fieldmeter, Switch dan Modem
11. Wi-Fi
12. Wireless dan Telephone Protector

Perkakas elektrik sebagai alat bantu untuk bidang telekomunikasi sangat beragam dan jumlahnya juga cukup banyak. Dengan perkakas ini, seorang teknisi dengan mudah melakukan pekerjaannya. Berikut ini ditunjukkan beberapa contoh perkakas tersebut.

    Solder rangkaian

    Dalam membuat sebuah rangkaian, perlu adanya penyambungan antara dua titik komponen atau lebih. Penyambungan ini menggunakan timah solder sebagai bahan perekatnya. Penyolderan atau pematrian dapat dilakukan dengan mudah. Keterampilan-keterampilan ini bersifat dasar dan sederhana untuk dipelajari. Solder, adalah suatu campuran logam atau metal yang mempunyai titik-lebur relatif rendah. Hal ini digunakan untuk merekatkan komponen-komponen dengan papan rangkain, sehingga akan membentuk suatu gabungan rangkaian yang sesuai dengan gambar skematik. Timah solder tersedia dalam bentuk strand solder (kumparan berbentuk kawat), atau solder paste (timah solder yang dilekatkan ke luar dengan suatu penyemrot). Ada dua alat penyolderan berkategori dasar, yaitu: 'the standard soldering iron dan rework station'.

    Besi solder seperti yang ditunjukan pada gambar 2.4. di bawah ini, digunakan strand solder untuk menyolder komponen pada papan PCB. Sebuah spon basah dapat digunakan untuk membersihkan tip (ujung) besi. Spon tersebut harus dijaga supaya basah terus menerus, dan tip besi tersebut harus dibersihkan secara teratur.

    Ada banyak perbedaan tipe solder yang tersedia, tergantung dari pekerjaan yang dilakukan serta temperatur yang dibutuhkan untuk penyolderan.

    Selalu memastikan, bahwa: pucuk solder mempunyai suatu lapisan solder yang bagus, hal ini untuk mencegah oxidasi dan mengawetkan pucuk tersebut. Ketika bekerja dengan pucuk solder, maka akan tenjadi perubahan warna. Secara sederhana, beberapa strand solder akan kelebihan panas, dan hal tersebut perlu dibersihkan dengan spon, supaya kotoran yang melekat menjadi hilang. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa: pucuk solder akan bertahan lama. Sekarang ini solder semakin canggih, mulai dari yang berupa logam panas, uap panas (blower), bahkan ada yang menggunakan paduan blower dan ultrasonik yang dikendalikan dengan komputer untuk mendapat temperatur yang tepat dan solderan yang rapi serta akurat.

    Solder yang banyak digunakan adalah solder dengan ujung besi atau tembaga. Penggunaannya bergantung kepada jenis pekerjaan, karena ada beberapa pilihan ujung solder.
    Lihat contohnya pada gambar 2.5.

    Gambar 2.4. Solder Uap (Blower)

    Gambar 2.5. Iron Solder dengan beberapa pilihan ujung dan penyedot timah

    Power supply

    Selain komponen-komponen tersebut di atas, dalam melakukan pengujian maupun perawatan sistem telekomunikasi diperlukan komponen power supply. Power supply ini sangat penting, karena jika tidak ada komponen ini, tidak mungkin pengujian bisa dilakukan. Power supply dapat diambilkan dari komponen yang terpisah, seperti adaptor atau baterai, tetapi juga dapat diambilkan dari komponen lain, seperti: socket USB pada komputer (PC). Dalam pengujian maupun perawatan sistem telekomunikasi, tentunya harus memilih power supply yang digunakan. Pemilihan ini biasanya berdasarkan terhadap kebutuhan arus. Gambar sebuah power supply dapat dilihat seperti berikut ini.

    Gambar 2.6. Power Supply

    Gambar 2.7. Rangkaian dalam power supply

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger