Pengembangan berikutnya yang dapat dilakukan terhadap jaringan telepon di antaranya meliputi:
- Perusahaan telekomunikasi khususnya pada bidang telepon dapat segera melakukan pengubahan sistem transmisi antar sentral telepon yang semula berbasis analog, sekarang harus diubah dengan sistem pembawa digital.
- Sistem switchng telepon yang digunakan pada sambungan jarak jauh dan pada kantor sentral yang paling akhir, harus diubah dari sistem mekanik dan switching analog menjadi bentuk switching elaktronik digital.
- Pemisahan jaringan signaling dapat meningkatkan efisiensi berlangsungnya sambungan pembicaraan telepon.
Panggilan dan transmisi digit atau nomor-nomor telepon
Dari pelanggan ke kantor sentral
Waktu rata-rata yang diperlukan oleh pelanggan pada saat melakukan panggilan dan signaling ke sentral lokal adalah sebagai berikut:
- Dengan sistem dial:
- waktu reaksi pelanggan dan pemanggilan = 2 detik
- waktu dialiing 6 digit, satu digit butuh 1,5 detk: 6 x 1,5 = 9 detik, Jumlah = 11 detik
Dapat dilihat, bahwa: saat menggunakan sistem dial, diperlukan waktu yang bervariasi dari 10-20 detik, bergantung kepada jumlah digit.
- Dengan sistem tombol (key set):
- waktu reaksi pelanggan dan pemanggilan = 2 detik
- waktu menekan 6 tombol, satu digit 0,7 detik: 6 x 0,7 = 4,2 detik, Jumlah = 6,2 detik
Variasi waktu saat menggunakan key set adalah 5-10 detik. Semakin bagus pesawat telepon yang digunakan tentu akan semakin pendek waktu yang diperlukan untuk akses ke pesawat lawan.
- Dengan sistem dial:
Dari sentral ke sentral
Waktu yang diperlukan untuk panggilan dan signalling antar sentral telepon dijaga sependek mungkin. Dengan menggunakan MFC (Multi Frequency Code), kecepatan transmisi yang dapat dicapai adalah: 6-7 digit tiap detik. Dengan demikian, dapat dibayangkan betapa cepatnya penggunaan transmisi digital dibandingkan dengan analog biasa.
Pengembangan menuju generasi layanan terpadu
Pengembangan berikutnya yang akan dihadapi oleh setiap pelanggan telepon adalah pengubahan menuju transmisi digital. Untuk itu, maka diperlukan pengubahan sistem yang dapat bekerja pada lingkungan digital. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan perangkat dalam jaringan digital terpadu atau integrated digital network (IDN).Dalam kenyataannya jaringan telepon berbentuk digital terus dikembangkan, agar tidak hanya sistem suara saja yang dapat ditransmisikan dengan baik. Gambar atau video dan data, atau teks serta multimedia, harus bisa pula ditumpangkan dalam jaringan digital tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan keterpaduan pelayanan, hingga akhirnya ditemukan suatu bentuk "Integrated Services Digital Network" atau "ISDN".
0 komentar :
Posting Komentar
Terima kasih, atas saran atau usulan anda.