-->

Tujuan jaringan komputer

Written By Anisa film on Minggu, 23 Februari 2014 | 2/23/2014 10:24:00 PM


JARINGAN DATA DAN INTERNET
01. Konsep Jaringan Komputer
02. Mengapa Jaringan Komputer Dibutuhkan
03. Tujuan Jaringan Komputer
04. Kegunaan Jaringan Komputer
05. Jenis-jenis Jaringan Komputer
06. Klasifikasi Jaringan Komputer
07. Standarisasi Jaringan Komputer
08. Sistem Operasi Jaringan
09. Komponen pada Jaringan Komputer
10. Media yang Terpandu
11. Media yang tidak Terpandu

Beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui, apa sasaran yang ingin dicapai dalam membangun suatu jaringan komputer adalah:
  1. Resource sharing

    Dengan adanya jaringan komputer, sumberdaya yang dimiliki oleh komputer yang lain dapat digunakan secara bersama-sama, begitu juga dengan sumberdaya yang dimiliki oleh komputer kita dapat digunakan oleh komputer yang lain.
    Sebagai contohnya adalah seorang pengguna yang saling ber-jauhan letak geografisnya, dapat saling berkomunikasi dan bertukar data tanpa mengalami kesulitan dan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer dapat mengatasi masalah jarak dan geografis.
  2. Reliabilitas tinggi

    Jaringan komputer dapat membantu untuk mendapatkan reabilitas tinggi kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file (berkas) dapat disimpan atau disalin ke-dua, tiga, atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
  3. Menghemat biaya (cost reduce)

    Dengan adanya jaringan komputer dalam berkomunikasi, maka kita secara langsung maupun tidak langsung dapat mengurangi biaya yang seharusnya kita keluarkan untuk mengirimkan sebuah data. Contohnya tanpa adanya jaringan komputer, ketika kita menginginkan untuk mengirimkan data kita ke lain daerah, lain kota, bahkan lain negara kita harus menggunakan jasa pengiriman (kurir) yang tentunya akan menerapkan biaya yang berbeda untuk berat barang dan jarak yang ditempuh. Dengan adanya jaringan kompuer, kita bisa menghemat biaya dan waktu yang harus kita keluarkan dengan cara menggunakan jaringan komputer yang berada di perkantoran, sekolah, kampus, atau di warung-warung internet.
  4. Keamanan data.

    Dalam perkembangannya Sistem jaringan komputer juga memberikan perlindungan terhadap data. Perlindungan terhadap data diberikan dengan cara memberi aturan dalam hak akses pemakai jaringan tersebut yang bisa berupa username dan password, selain itu juga dengan menggunakan teknik perlindungan enkripsi tertentu sehingga dalam perkembangannya keamanan data yang diberikan akan lebih aman dan efektif.
  5. Integritas data

    Dengan adanya jaringan komputer akan mencegah ketergantungan terhadap komputer pusat karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat dilakukan secara distribusi. Karena hal inilah maka dapat dikatakan bahwa integritas data dapat terbentuk, sehingga pemakai dapat dengan mudah memperoleh informasi kapan-pun.
  6. Komunikasi

    Jaringan komputer menjadi jembatan penghubung untuk berkomunikasi antar pengguna. Dengan adanya jaringan komputer maka dua atau lebih orang dapat saling berkomunikasi baik bertukar data, suara, maupun video tanpa dapat memungkinkan terjadinya komunikasi antara pengguna tanpa hambatan jarak dan geografis serta dalam waktu yang lebih singkat.
  7. Skalabilitas

    Memiliki kemampuan untuk meningkatkan system kinerja secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah sejumlah prosesor.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger