-->
Home » , » Local area network (lan)

Local area network (lan)

Written By Anisa film on Jumat, 14 Februari 2014 | 2/14/2014 06:22:00 PM


JARINGAN LAN DAN WAN
01. Local Area Network (LAN)
02. Ethernet
03. Frame Format (format bingkai)
04. Implementasi Pada LAN
05. Token Ring
06. Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
07. Wide Area Network (WAN)
08. Topologi Jaringan Komputer
09. Topologi BUS
10. Topologi Star
11. Topologi Ring dam Mesh
12. Topologi Pohon dan Peer-to-peer
13. Protokol Pada Jaringan

LAN adalah sebuah sistem komunikasi data yang membolehkan sejumlah device atau komputer yang terangkai untuk berkomunikasi langsung satu sama lainnya. Di dalam LAN dikenal ada 3 macam arsitektur, yaitu: Ethernet, token ring, dan fiber distributed data interface (FDDI). Pada postingan ini, kita akan membicarakan bagian-bagian penting dari suatu konsep LAN yang difokuskan terhadap perancangan suatu system jaringan (LAN).

Network interace card

Network interface card adalah kartu yang ditanam pada setiap komputer yang terhubung dalam jaringan. Beberapa komputer desktop yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu ini. Saat kita membeli komputer, kita bisa menanyakan kepada si penjual apakah pada komputer sudah dipasangkan NIC, atau apakah PC komputer kita memiliki NIC yang on board?. Jika belum, Kita bisa meminta mereka untuk memasangkan, atau kita bisa membelinya dan memasangnya sendiri.

Ada banyak macam kartu jaringan, dan ada tiga hal yang harus kita perhatikan dari suatu NIC:
  • Jenis protokol
  • Tipe kartu jaringan
  • tipe kabel yang didukungnya
Ada dua macam tipe kartu, yaitu: PCI dan ISA. Sebagai penjelasan, pada komputer ada beberapa slot (tempat menancapkan kartu) yang disebut expansion slot. Slot-slot ini saat kita membeli komputer sengaja dibiarkan kosong oleh pembuat komputer.

Dari sisi protokol, jenis protokol yang saat ini paling banyak digunakan adalah Ethernet dan Fast Ethernet. Ada beberapa protokol lain, tetapi kurang populer, yaitu: Token Ring, FDDI, dan ATM. Dua protokol terakhir cenderung digunakan pada jaringan besar sebagai backbone (jaringan tulang punggung yang menghubungkan banyak segmen jaringan yang lebih kecil). Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 10 Mbps, sedangkan Fast Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 100 Mbps. Jika memilih untuk menggunakan protokol Ethernet, kita harus membeli kartu Ethernet. Demikian juga jika kita telah memilih Fast Ethernet.
Namun saat ini juga ada kartu combo yang mendukung Ethernet maupun Fast Ethernet.

Dalam memilih NIC, kita harus menyesuaikan dengan tipe kabel yang telah/akan Kita pasang. Port/colokan untuk kabel UTP berbentuk mirip dengan kabel telepon tetapi sedikit lebih besar, port ini dikenal sebagai UTP kabel. Ada beberapa kartu yang mendukung dua atau lebih tipe kabel. Namun jika kita hanya akan menggunakan satu tipe kabel, pilihlah kartu yang mendukung satu tipe kabel saja karena harganya akan jauh lebih murah.

Satu hal lagi, jika kita menggunakan komputer portabel (notebook), untuk berkoneksi ke jaringan kita menggunakan kartu PCMCIA. Bentuk kartu ini mirip kartu kredit, tetapi sedikit tebal. Kartu ini dimasukkan ke port PCMCIA yang ada pada setiap notebook. Jika untuk komputer desktop sudah tersedia banyak pilihan kartu untuk protokol Fast Ethernet, untuk PCMCIA pilihan mereknya masih sedikit sehingga harganya sangat mahal. Jika pada komputer desktop tidak ada kartu kombinasi antara kartu jaringan dengan kartu modem, pada PCMCIA kombinasi ini justru menjadi salah satu favorit. Dengan kombinasi ini, kita menghemat penggunaan slot PCMCIA dengan hanya menggunakan satu slot untuk dua kegunaan, yaitu: modem dan jaringan. Saat ini hampir semua NIC yang beredar di pasaran sudah mendukung Plug-n-Play (NIC secara otomatis dikonfigurasi tanpa intervensi pengguna), tetapi ada baiknya Kita pastikan bahwa NIC yang Kita beli memang mendukung PnP.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger