-->

Ethernet

Written By Anisa film on Kamis, 13 Februari 2014 | 2/13/2014 05:46:00 PM


JARINGAN LAN DAN WAN
01. Local Area Network (LAN)
02. Ethernet
03. Frame Format (format bingkai)
04. Implementasi Pada LAN
05. Token Ring
06. Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
07. Wide Area Network (WAN)
08. Topologi Jaringan Komputer
09. Topologi BUS
10. Topologi Star
11. Topologi Ring dam Mesh
12. Topologi Pohon dan Peer-to-peer
13. Protokol Pada Jaringan

Ethernet, cara kerjanya menggunakan metoda CSMA/CD (Carrier Sence Multiple Access Collision Detection). Jika node akan mengirimkan data melewati jaringan, maka node tersebut akan mengecek terlebih dahulu apakah jaringan sedang mengirimkan paket data atau tidak. Jika node melihat jaringan sedang kosong (tidak mengirimkan paket data), maka node akan mengirimkan paket data. Jika ternyata ada paket data yang dipancarkan pada saat node juga sedang mengirimkan paket data, maka akan terjadi collision (tabarakan) data.

Bila hal ini terjadi, maka node dan jaringan akan sama-sama berhenti mengirimkan paket data. Setelah berhenti, node dan jaringan akan menunggu dengan waktu yang random untuk mengirimkan paket data. Paket data yang mengalami collision akan dikirimkan kembali ke tujuan jika terdapat suatu kesempatan. Kecepatan rata-rata 10 Mbps dan dapat menurun jika node yang terpasang banyak.

Metoda akses yang digunakan dalam LAN disebut carrier sense multiple access with collision detection (CSMA/CD). Maksudnya, sebelum komputer atau device mengirim data, komputer tersebut "menyimak/mendengar" dulu media yang akan dilalui sebagai pengecekan apakah komputer lain sedang menggunakannya? jika tidak ada maka komputer/device akan mengirimkan datanya. Terkadang akan terjadi 2 atau lebih komputer yang mengirimkan data secara bersamaan, dan itu akan mengakibatkan collision (tabrakan).

Bila collision terjadi, maka seluruh komputer yang ada akan mengabaikan data yang hancur tersebut. Namun bagi komputer pengirim data, dalam periode waktu tertentu maka komputer pengirim akan mengirim kembali data yang hancur akibat tabrakan tersebut.

Gambar 16.1. Contoh-contoh Ethernet Card

Gambar 16.2. Metode Akses CSMA/CD

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger