-->

Sekilas tentang sql

Written By Anisa film on Jumat, 19 April 2013 | 4/19/2013 06:39:00 PM


BASIS DATA BERBASIS SQL
1. Sekilas Tentang SQL
2. Menyiapkan Perangkat Lunak Berbasis SQL
3. Menu/Fitur Utama
4. Pembuatan dan Pengisian Tabel
5. Operasi Pada Tabel dan View
6. Menggunakan T-SQL
7. Fungsi, Procedure dan Trigger
8. Administrasi SQL Server

Gambar 12.1 pada yang berikut ini adalah gambar sekumpulan komputer server yang biasanya ada pada perusahaan penyedia jasa internet atau pada bagian teknologi informasi perusahaan-perusahaan besar.


Salah satu fungsi peralatan ini adalah sebagai pusat data yang dibutuhkan oleh penggunanya. Peran sebagai pusat data ini membutuhkan 'dbms' dan aplikasi basis data yang kuat. Perangkat dbms seperti microsoft sql server, oracle, mysql, postgresql pada umumnya adalah menjadi pilihan. Fungsi-fungsi lanjut yang disediakan oleh dbms tersebut sangat membantu untuk kecepatan kerja, keamanan, dan keakuratan data yang disampaikan.

Sekilas tentang sql

Dalam dbms biasanya tersedia paket bahasa yang digunakan untuk mengorganisasi basis data yang ada, yaitu: data definition language (ddl) dan data manipulation language (dml).

Data definition language (ddl)
Data definition language (ddl) adalah satu paket bahasa dbms yang berguna untuk melakukan spesifikasi terhadap skema basis data. Hasil kompilasi dari ddl adalah satu set tabel yang disimpan dalam file khusus yang disebut: data directory/dictionary. Secara umum perintah perintah dalam ddl berhubungan dengan operasi-operasi dasar seperti membuat basis data baru, menghapus basis data, membuat tabel baru, menghapus tabel, membuat indeks, mengubah struktur tabel. Contoh perintah ddl misalnya: create table, create index, alter, dan drop database.

Data manipulation language (dml)
Data manipulation language (dml) adalah satu paket dbms yang memperbolehkan pemakai untuk mengakses, atau memanipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. Dengan dml, dapat dilakukan kegiatan seperti berikut:
  • Mengambil informasi yang tersimpan dalam basis data.
  • Menyisipkan informasi baru dalam basis data.
  • Menghapus informasi dari tabel.
Terdapat dua tipe dml yaitu: prosedural dan non prosedural. Prosedural dml membutuhkan pemakai untuk menspesifikasikan data apa yang dibutuhkan, dan bagaimana cara mendapatkannya. Non prosedural dml, membutuhkan pemakai untuk menspesifikasikan data apa yang dibutuhkan, tanpa tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Sql merupakan kependekan dari structured query language (bahasa query terstruktur). Sql, lebih dekat dengan dml dari pada ddl. Namun tidak berarti sql tidak menyediakan perintah ddl. Sql, lebih menekankan pada aspek pencarian dari dalam tabel. Aspek pencarian ini sedemikian penting, karena di sinilah sebenarnya inti dari segala upaya kita melakukan pengelolaan data. Data dalam basis data diorganisasi sedemikian rupa dengan tujuan untuk memudahkan pencarian di kemudian hari.

Sebagai sebuah bahasa, sql telah distandarisasi dan mengalami beberapa perubahan atau penyempurnaan. Sql muncul pertama kali pada tahun 1970 dengan nama 'sequel' (nama yang masih sering digunakan hingga saat ini). Standarisasi yang pertama dibuat pada tahun 1986 oleh 'ansi' (american national standards institute) dan 'iso' (international standard organization), yang disebut sql-86. Pada tahun 1989 sql-86 diperbaharui menjadi sql-89. Standar terakhir yang dibuat adalah sql-92.

Pernyataan-pernyataan sql digunakan untuk melakukan beberapa tugas seperti: update data pada basis data, atau menampilkan data dari basis data. Beberapa 'software rdbms' yang dapat menggunakan sql, seperti: oracle, sybase, microsoft sql server, mysql, microsoft access, ingres, dsb. Setiap software basis data mempunyai mungkin bahasa perintah/sintaks yang berbeda, namun pada prinsipnya mempunyai arti dan fungsi yang sama.

Perintah utama dalam sql adalah select. Struktur utama perintah adalah sebagai berikut:

Select <<kolom>
From <table>
Where <kondisi>

Kita akan menggunakan perintah-perintah ini pada postingan-postingan yang berikut-nya nanti.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger