-->
Home » , » Mempersiapkan perangkat lunak berbasis sql

Mempersiapkan perangkat lunak berbasis sql

Written By Anisa film on Selasa, 16 April 2013 | 4/16/2013 12:06:00 AM


BASIS DATA BERBASIS SQL
1. Sekilas Tentang SQL
2. Menyiapkan Perangkat Lunak Berbasis SQL
3. Menu/Fitur Utama
4. Pembuatan dan Pengisian Tabel
5. Operasi Pada Tabel dan View
6. Menggunakan T-SQL
7. Fungsi, Procedure dan Trigger
8. Administrasi SQL Server

Perangkat lunak yang akan kita gunakan adalah microsoft sql server. Pada kesempatan ini versi yang dipakai adalah versi 2005 developer edition.

Kebutuhan operasi

Microsoft sql server adalah perangkat lunak yang berjalan pada platform microsoft windows, sehingga kebutuhan utama dari perangkat lunak ini adalah tersedianya komputer yang telah terinstal sistem operasi windows, terutama versi server. Hal ini karena windows versi server memberikan integrasi yang lebih baik. Selain itu dari sisi keamanan dan alokasi kerja model client-server, versi server memberikan unjuk kerja yang lebih baik.

Microsoft sql server adalah perangkat lunak yang harus diaktifkan sebagai service pada windows. Jika belum dijalankan, maka kita tidak akan dapat menggunakannya. Default-nya, ketika microsoft sql server diinstal maka secara otomatis, service ini akan dibuat dan dijalankan setiap kali windows dihidupkan. Namun untuk memastikan, kita dapat memeriksanya dengan membuka: control panel, kemudian pilih administrative tool. Pada jendela administrative tool, (gambar 12.2) klik ganda pada ikon service sehingga terbuka jendela seperti pada gambar 12.3.



Pada jendela service carilah nama service sql server kemudian periksalah di kolom status, apakah sudah started atau belum. Jika belum jalankan (start) service ini.

Menjalankan perangkat lunak basis data berbasis sql

Setelah terinstal maka kita dapat menggunakan microsoft sql server dengan memanggil 'gui client' dari microsoft sql server yang disebut sebagai: sql server management studio. Ketika pertama kali dipanggil maka tampilan akan tampak seperti pada gambar 12.4.


Setiap kali kita membuka sql server management studio, kita akan diperiksa apakah kita berhak menggunakan sql server atau tidak. Jika sql server dijalankan pada mesin lokal dan menggunakan windows authentication, maka kita dapat langsung menekan tombol connect untuk masuk ke lingkungan sql server. Tetapi bila sql server dijalankan dari komputer lain (server), kita akan diminta memasukkan user name dan password yang telah didaftarkan.

Ada informasi penting dari gambar 12.4 di atas yang perlu kita ketahui. Pada gambar tersebut terlihat bahwa kita akan mengakses tipe server database engine, yaitu: server yang berhubungan dengan masalah aplikasi basis data. Sql server menyediakan beberapa tipe server yang dapat diakses. Namun tidak dijelaskan pada halaman blog ini. Selain itu, nama server yang akan diakses adalah 'ARMBLACKMATE'. Hal ini karena sql server diinstal pada komputer dengan nama 'ARM-BLACKMATE' sehingga, kita perlu nama server yang sama dengan nama dimana sql server berjalan.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger