-->
Home » , » Pembuatan dan pengisian tabel

Pembuatan dan pengisian tabel

Written By Anisa film on Rabu, 17 April 2013 | 4/17/2013 12:07:00 AM


BASIS DATA BERBASIS SQL
1. Sekilas Tentang SQL
2. Menyiapkan Perangkat Lunak Berbasis SQL
3. Menu/Fitur Utama
4. Pembuatan dan Pengisian Tabel
5. Operasi Pada Tabel dan View
6. Menggunakan T-SQL
7. Fungsi, Procedure dan Trigger
8. Administrasi SQL Server

Pembuatan basis data

Sebelum kita membuat tabel, kita harus membuat lebih dahulu basis datanya. Untuk membuat basis data baru, klik kanan pada Databases, dan pilih New Database. Jendela untuk membuat basis data baru akan terbuka (gambar 12.8). Pada textbox di depan Database name, ketikkan nama basis data yang akan dibuat. Pada contoh ini namanya adalah Lat-01. Kemudian klik OK. Perhatikan pada Object Explorer, basis data baru sudah terbentuk dan memiliki komponen-komponen yang sama dengan basis data lainnya.

Pembuatan tabel

Setelah basis data terbentuk, kita baru bisa membuat tabel. Klik kanan pada komponen tables di basis data Lat-01 dan pilih New Table… Bagian Summary panel akan berubah menjadi seperti pada gambar 12.9. Kita bisa mulai memasukkan atribut atau kolom dari tabel yang akan dibuat. Pembuatan tabel ini sama persis dengan apa yang telah kita lakukan dengan microsoft access. Penentuan tipe data, lebar data dan primary key, juga tidak jauh berbeda. Yang agak berbeda adalah sql server menyediakan tipe data yang lebih banyak daripada microsoft access. Untuk menentukan primary key, pilih atribut kemudian tekan tanda kunci pada toolbar.


Pada gambar di bawah, kita membuat tabel dengan 5 kolom yaitu: 'NoInduk, Nama, Alamat, Kota, NoTelepon'. Masing-masing bertipe nchar dengan lebar data yang bervariasi. Untuk menentukan lebar data, lihatlah pada bagian property dari kolom. Setelah selesai simpan tabel dengan nama tertentu. Pada contoh di atas, tabel disimpan dengan nama siswa. Sql server akan memberikan awalan nama (prefix) dbo secara default. Tetapi ini bisa kita rubah. Jadi, nama tabel yang kita buat di atas akan menjadi dbo.siswa.


Hapuslah tabel dbo.siswa dengan cara klik kanan, lalu pilih Delete. Sekarang buatlah tabel-tabel berikut ini dengan cara seperti di atas.

Pengisian data pada tabel

Setelah semua tabel terbentuk, kita dapat mengisi tabel dengan data-data yang kita inginkan. Dengan menggunakan 'gui sql server management studio' kita dapat mengisi data seperti halnya pada access. Klik kanan pada nama tabel, kemudian pilih open table. Jendela baru pada summary panel akan terbuka dan siap untuk diisi datanya. gambar 12.10 menunjukkan bagaimana kita mengisi data pada sebuah tabel. Setiap kali kita mengisi untuk satu baris harus diikuti dengan menekan enter. Jika tidak, maka data tidak tersimpan. Cobalah isi tabel-tabel yang lain!.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger