-->

Definisi tik

Written By Anisa film on Kamis, 28 Maret 2013 | 3/28/2013 10:34:00 PM


MENGENAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
1. Definisi TIK
2. Berbagai Macam Peralatan TIK
3. Sejarah TIK dan Perkembangannya
4. Peranan TIK di Berbagai Bidang
5. Dampak Negatif Penggunaan TIK

Media tradisional seperti media cetak, bisa dikatakan sebagai media pengirim informasi satu arah. Berbeda dengan radio dan televisi yang diintegrasikan dengan kemampuan talkshow didukung fax dan telepon, memungkinkannya informasi yang bersifat dua arah. Kemudian internet, dimana penggunanya cukup melihat judul artikel dan sedikit browsing untuk melihat akurasi sebuah berita, maka informasi akan lebih cepat sampai dan terjadi interaksi dua arah. Dan biasanya, para pengguna aktif Internet sudah memperoleh indeks informasi dari berbagai diskusi di internet (mailing list)

Teknologi informasi sangat baik untuk efisiensi dalam pembangunan jaringan antar media. Di samping itu, teknologi informasi akan memudahkan media meng-efisiensikan proses internal mereka. Misalnya, penggunaan MP3 di radio, intrernet di telepon seluler, komputerisasi siaran, belum termasuk database berita untuk membangun sumber pengetahuan bagi jurnalis yang sedang membuat laporan.
Singkatnya, media tradisional akan tetap berjaya selama bangsa kita masih tidak mau tahu atau gagap ber-teknologi (gaptek).

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat telah banyak memberikan kemudahan bagi manusia terutama untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi tanpa dibatasi oleh waktu. Saat ini, hampir semua aktivitas manusia selalu berhubungan dengan peralatan teknologi informasi dan komunikasi di manapun berada. Di rumah, berbagai peralatan elektronik seperti: televisi, telepon, cd/dvd player, home theater dan play station mendominasi cara manusia memperoleh dan memberikan informasi. Di kantor, berbagai peralatan seperti: komputer, laptop, dan internet juga sangat mendominasi cara kerja manusia modern dalam menghasilkan sebuah informasi dan produk.

Di Sekolah, sekarang ini sudah sangat maju dengan masuknya pelajaran teknologi informasi dan komunikasi, komputer, lcd proyektor, kamera cctv dan bahkan para pengajarnya sudah banyak yang menggunakan media laptop dan internet sebagai media interactive learning pada para peserta didiknya. Di samping itu, tidak lepas dalam keseharian kita di luar rumah, kantor, maupun sekolah selalu menemui peralatan teknologi informasi dan komunikasi seperti: telepon seluler, komputer mini (pocket pc/pda), dan mp3/mp4 tidak ketinggalan dalam melengkapi kemudahan aktivitas manusia.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat menunjukkan bahwa industri teknologi informasi dan komunikasi dunia saat sekarang sudah benar-benar ke arah mobilitas yang sangat kompleks dalam menembus batasan fisik, ruang, dan waktu. Oleh karena itu, kita perlu memahami akan keberadaan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut dengan mengenal, menggunakan dan merawat peralatan teknologi informasi dan komunikasi agar dapat dipergunakan untuk membangun potensi diri kita masing-masing.

Definisi teknologi informasi

Sebelum menyebutkan tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi, marilah kita melihat sejarah awalnya komunikasi dilakukan. Tentu kita masih ingat ketika belajar sejarah bersama para guru, bahwa pada zaman dahulu manusia melakukan komunikasi menggunakan kata-kata, kode-kode, bunyi-bunyian dan berbagai bentuk simbol tertentu untuk menyampaikan informasi yang berupa ide, atau gagasan walau hanya sekedar mengobrol. Hal itu karena mereka belum mengenal tulisan.

Kemudian, komunikasi berkembang sampai sekarang menggunakan gambar dan tulisan dengan berbagai macam alat bantu seperti surat, e-mail, bahkan sampai menggunakan fasilitas teleconference yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan.

Dalam kehidupan sehari-hari dapat dicontohkan misalnya dengan membandingkan antara surat dengan e-mail. Zaman dulu orang mengirim surat ke kantor pos dan dalam beberapa hari baru sampai ke tempat tujuan. Dengan adanya internet, mengirim surat dapat dilakukan melalui fasilitas e-mail dan pesan akan sampai dalam hitungan beberapa detik saja.

Jadi, apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi?
Agar kita dapat lebih mudah dalam memahami, pahamilah beberapa pengertian teknologi informasi dan komunikasi yang berikut ini:
  • Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek, yaitu: 'teknologi informasi dan teknologi komunikasi'. Teknologi informasi, adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi. Sedangkan Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.
  • Menurut Haag dan Keen (1996), teknologi informasi, adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data.
  • Menurut Martin (1999), teknologi tak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan dalam pemrosesan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Menurut Williams dan Sawyer (2003), teknologi informasi, adalah: penggabungan komputasi, yaitu komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
  • Teknologi informasi dan komunikasi sering disingkat TIK atau ICT (information and communication technology). Ada juga yang menyebut dengan istilah 'telematika', yaitu singkatan dari telekomunikasi dan informatika.
Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa: teknologi informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger