-->

Mesin-mesin dc

Written By Anisa film on Sabtu, 13 Desember 2014 | 12/13/2014 06:08:00 AM


PEMELIHARAAN MOTOR dan GENERATOR LISTRIK
1. Mesin Listrik
2. Mesin-mesin DC
3. Generator
4. Motor DC
5. Generator AC-Sinkron
6. Pemeliharaan Motor dan Geneator

Sebuah mesin DC terdiri dari: Bagian stator (yang terdiri dari set-magnet dengan cincin baja dan lilitan kawat yang menonjol dengan inti kutub utama), Sepatu kutub (yang terbuat dari lempeng-elektro serta lilitan kawat penguat eksitasi), dan Inti-kutub bantu (seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.4).

Konstruksi ini biasanya terdapat pada mesin DC berdaya maksimum 20 kW, dan mesin jenis ini akan bekerja di sepanjang ada magnetisasi.
Untuk mesin dengan daya hingga 1 kW, terdiri dari: Sebuah komutator berkutub utama (yang terbuat dari baja atau lempeng elektro dengan lilitan kawat). Sepatu-sepatu kutub dari kutub-utama terdapat lilitan kompensasi.

Bagian rotor (pada mesin DC seringkali disebut jangkar) terbuat dari poros baja beralur, dan lilitan kawat pada alur-alur tersebut. Gambar 4.4 menunjukkan potongan sebuah mesin DC, dengan komutator di ujung motor. Sikat arang (carbon brush) adalah bagian dari stator. Sikat ini ditahan oleh pemegang sikat (brush holder)

Gambar 4.4: Startor Mesin DC

Gambar 4.5: Potongan Mesin DC

Sebuah komutator terdiri dari segmen-segmen tembaga, dimana setiap ujungnya disambungkan dengan ujung lilitan rotor. Komutator, adalah bagian mesin listrik yang perlu sering dirawat dan dibersihkan. Bagian ini bersinggungan dengan sikat arang untuk memasukkan arus dari jala-jala ke rotor. Gambar 4.6 menunjukkan bagian dari sebuah komutator dan bagian lain yang saling berkaitan.

Gambar 4.6: Komutator & Pemegang Sikat

Salah satu kelemahan dari mesin DC adalah kontak mekanis antara komutator dan sikat arang yang harus terjaga, dan secara rutin dilakukan pemeliharaan. Tetapi mesin DC juga memiliki keunggulan khususnya untuk mendapatkan pengaturan kecepatan yang stabil dan halus. Motor DC banyak dipakai di industri kertas, tekstil, kereta api diesel elektrik, dan sebagainya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger