-->
Home » , » Membuat dan menguji halaman web

Membuat dan menguji halaman web

Written By Anisa film on Rabu, 10 April 2013 | 4/10/2013 11:04:00 AM


DESAIN WEB STATIS DAN HTML
1. Konsep Dasar dan Teknologi Web
2. Persiapan Pembuatan Web
3. Membuat dan Menguji Halaman Web
4. HTML
5. Struktur Umum File Dengan Bahasa HTML
6. Format Dokumen
7. Penambahan Obyek
8. Tabel dan Link Antar Dokumen

Ada dua model dalam pembuatan halaman web statis. Yang pertama adalah membuat halaman-halaman tersebut pada komputer lokal, dan setelah berhasil kemudian dipindahkan ke lokasi di web server. Model kedua adalah langsung membuat halaman-halaman web di lokasi web server. Lokasi web server dapat berada di satu komputer yang sama dengan tempat pembuatan halaman web, atau di komputer lain yang berperan sebagai server. Cara pertama lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan kerja web server di tahap disain. Pada bagian ini kita akan mencoba cara yang pertama ini.

Buatlah direktori pada komputer kita. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, kita tinggal buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada area Windows eksplorer, dan pilih New kemudian pilih Folder. Beri nama misalkan: LatihanWeb. Jika kita menggunakan Linux, buka file manager yang tersedia misalnya: Konqueror, Nautilus, atau Thunar. Lakukan cara yang sama seperti pada Windows Explorer.

Umumnya suatu situs web tidak hanya berisi satu halaman web saja, tetapi kumpulan dari beberapa halaman web yang saling berkait. Biasanya pengembang web membuat struktur direktori untuk mempermudah pengaturan halaman. Perhatikan struktur direktori sebuah situs web pada Gambar berikut.


Halaman awal suatu situs web biasanya berupa halaman web yang diberi nama homepage. Biasanya juga, filenya diberi nama index.html (atau bisa juga index.php, index.jsp, index.asp jika menggunakan bahasa skrip server). Di dalam direktori yang sama dengan index.html ini biasanya ada direktori-direktori lain yang berisi halaman-halaman yang dikelompokkan berdasarkan kedekatan tema atau berdasarkan pengelompokkan lain. Selain itu, ada direktori lain yang digunakan untuk menyimpan elemen-elemen yang digunakan dalam halaman web. biasanya berisi file-file gambar, teks, audio, video, atau elemen-elemen yang lain.

Buatlah struktur direktori seperti di atas dengan cara menambahkan sub direktori di bawah direktori LatihanWeb yang telah kita buat. Beri nama sesuai keinginan kita, tetapi usahakan nama direktori menunjukkan apa isi dari direktori tersebut. Buka teks editor misalkan Notepad, kemudian ketikkan kode berikut ini.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Homepage</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Ini halaman index pertamaku
</BODY>
</HTML>

Simpan dengan nama index.html dan letakkan di direktori LatihanWeb (Lihat gambar). Untuk menguji file tersebut, klik ganda pada file index.html. kita akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar.


0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger