-->

Perangkat keras keluaran

Written By Anisa film on Minggu, 29 Mei 2011 | 5/29/2011 05:52:00 AM


MENGENAL PERANGKAT KERAS
1. Alat Input
2. Alat Proses
3. Alat Output
4. Alat Penyimpanan

Perangkat keluaran, adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari pemrosesan data oleh komputer. Output atau keluaran, dapat berupa tampilan di layar monitor, atau cetakan melalui printout, atau juga suara yang dapat didengar melalui speaker.

Monitor

Monitor adalah alat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses komputasi. Instruksi-instruksi yang kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor.

Tampilan pada monitor diukur oleh satuan pixel, dan semakin tinggi pixel-nya, maka resolusi monitor juga akan semakin tinggi, serta gambar yang ditampilkan akan semakin tajam dan jelas. Begitu juga sebaliknya, bahwa semakin rendah pixel-nya, maka resolusinya akan semakin rendah, dan gambar-pun akan terlihat kurang begitu jelas. Monitor komputer ada beberapa jenis, yang diantaranya ialah: monitor CRT dan monitor LCD.

Monitor CRT (catoda ray tube), merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar sampai tercipta-nya gambar di layar seperti hal-nya cara kerjanya pada televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris. Sedangkan monitor LCD (Liquid crystal display), yaitu monitor kristal air yang banyak digunakan pada komputer laptop/notebook. Namun, sekarang monitor personal komputer sudah banyak yang menggunakan teknologi LCD.

Dilihat dari ukurannya, monitor ada beberapa jenis, yaitu: 14inch, 15inc, 17inch dan 21inch. Meskipun ukuran di atas itu masih ada yang lain, namun untuk penggunaan secara umum masih jarang untuk digunakan. Sedangkan dilihat dari tampilannya, monitor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: monitor monochrome, grayscale, dan monitor color.

Monitor monochrome, yaitu: monitor yang memiliki satu warna. Untuk penggunaan secara umum, monitor ini sudah jarang digunakan. Namun, kita dapat menjumpai monitor jenis ini pada swalayan, khususnya dibagian kasir. Pada bagian kasir, yang tugasnya adalah merekam transaksi penjualan, maka tidak perlu membutuhkan monitor berwarna.
Monitor grayscale, adalah monitor yang memiliki background warna putih dan bayang abu-abu. Sedangkan monitor color, adalah monitor yang dapat menampilkan banyak warna.

Pada monitor, terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi-nya. Sekarang, mari kita memperhatikan tabel yang berikut ini:

NOTIPE MONITORRESOLUSI
1CGA (colour graphic adapter)640 x 200 pixel
2EGA (enhanced graphics adapter)640 x 480 pixel
3VGA (video graphics array)640 x 480 pixel
4SVGA (super video graphics array)800 x 600 dan 1024 x 768 pixel
5XGA (extended graphics array)2048 x 2048 pixel

Kesimpulan dari tabel di atas adalah, bahwa: semakin besar resolusi dari sebuah monitor, maka akan semakin halus dan bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Printer

Printer adalah perangkat pencetak dari proses input, yang dilakukan oleh penggunanya.

Sebagai contoh, pada saat kita mengetik, hasilnya tentu tidak hanya untuk di-perlihatkan pada layar monitor saja akan tetapi, perlu dicetak. Adapun hasil cetakan atau printout, dapat ditempatkan pada kertas atau plastik transparansi, misalnya untuk digunakan sebagai slide. Printer, terdapat tiga jenis bila dilihat dari cetakannya - yaitu: printer dot-matrik, printer tinta (ink jet), dan printer laser (laser jet).

Printer dot matrik, adalah printer yang cara kerjanya dengan mengetukan jarum-jarum pencetak ke atas kertas. Tinta printer dot matrik menggunakan tinta pita, seperti hal-nya mesin ketik. Jenis printer-printer ini ada dua macam, yakni: dot matrik 9 pin, dan dot matrik 24 pin. Hasil pencetakan 24 pin akan lebih halus daripada dot matrik 9 pin. Printer ini sering kita jumpai pada mini-market maupun super-market pada bagian kasir.

Printer tinta, atau lebih dikenal dengan nama inkjet, ialah printer yang cara kerjanya yaitu dengan cara menyemprotkan tinta yang ada di dalam cartridge ke-arah kertas. Adapun hasil dari cetakannya akan lebih halus, bila dibandingkan dengan dot matrik. Printer tinta pada saat ini ada yang mampu mencetak dengan kualitas foto. Printer laser jet merupakan jenis printer yang cara kerjanya seperti mesin fotokopi. Tinta yang digunakan berupa serbuk yang dipanaskan. Kualitas cetakan printer laserjet paling bagus diantara jenis printer di atas. Dilihat dari sisi harga, printer laserjet lebih mahal dari printer dot matrik maupun printer tinta.

Plotter

Plotter, pada prinsipnya sama dengan printer.

Hanya saja secara ukuran, plotter memiliki lebar yang jauh lebih panjang daripada printer.
Plotter biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik, atau disain teknik yang berukuran besar.
Plotter, kini dapat dengan mudah kita jumpai pada percetakan, atau toko-toko yang menyelenggarakan usaha digital printing, yang biasa dipakai untuk membuat banner, poster, pamflet dan lain sebagainya.

Proyektor

Proyektor, yaitu alat yang befungsi untuk memproyeksikan atau memancarkan data atau slide yang bersumber dari: komputer, DVD player, televisi, atau media lain yang sudah dicetak. Media lain misalnya: kertas, atau plastik transparansi.

Dengan menggunakan alat ini, tampilan yang bersumber dari: komputer, televisi atau DVD player dapat dipancarkan dengan tampilan yang besar. Sehingga, akan menjadi lebih cocok bila digunakan pada proses belajar mengajar, presentasi, bahkan membuat home theater.

Yang tidak kalah penting dalam pemakaian LCD Projector adalah screen projector. Screen projector, yaitu layar yang digunakan sebagai tempat untuk dipancarkannya sinar LCD Projector. Ada kalanya, penggunaan screen tersebut diganti dengan tembok putih. Ada kelebihan didalam penggunaan screen projector, yakni: sumber cahaya lcd dapat dipancarkan dari belakang screen. Sehingga, dalam presentasi atau acara yang menggunakan proyektor dapat terlihat menjadi lebih rapi.

Speaker

Speaker adalah alat output suara.

Menggunakan komputer pada saat ini tanpa dilengkapi dengan audio, ialah sudah dikategorikan ketinggalan jaman.
Komputer multimedia, sudah menjadi kebutuhan umum. Dan untuk itu, maka speaker aktif komputer telah menjadi standar ketika membeli personal komputer maupun laptop.

Saat ini, speaker aktif muncul dengan berbagai macam variasi.
Dengan munculnya konsep home theater, maka para produsen berlomba-lomba dalam membuat speaker yang tidak sekedar sebagai output audio biasa, namun agar sepeaker tersebut dapat menciptakan suasana bioskop atau teater di rumah, dengan tata suara yang menakjubkan.

Pengeras suara, atau loud speaker, atau speaker adalah: suatu alat yang dapat mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger