-->
Home » , » Mengenal perangkat lunak pengolah kata

Mengenal perangkat lunak pengolah kata

Written By Anisa film on Kamis, 23 Juni 2011 | 6/23/2011 10:54:00 PM


PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
1. Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata
2. Menu, Toolbar dan Ikon Pada Writer
3. Menggunakan Keyboard dan Mouse
4. Menggunakan Menu dan Ikon Pada Writer

Sebagai paket office yang semakin populer, openoffice.org menawarkan sejumlah kelebihan baik dari sisi lisensi ataupun teknis. Apa saja kelebihan openoffice.org dibanding microsoft office?.


Boleh dikatakan hampir tidak ada pengguna komputer aktif yang tidak mengenal paket office microsoft office. Sebagian pengguna komputer bahkan tidak bisa bekerja produktif tanpa produk tersebut. Sudah bertahun-tahun lamanya, microsoft office menguasai pasar. Pengguna semakin termanjakan dan tergantung. Harga lisensi penggunaan ms office memang cukup berpotensi untuk membuat jantungan. Harga satu paket lengkap bahkan bisa lebih mahal dari hardware komputer yang cukup baru.

Dari sisi fitur, harus diakui openoffice.org belum bisa dibandingkan dengan microsoft office. Namun, sebagian besar pengguna sebenarnya hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas yang sudah dipenuhi dengan baik oleh openoffice.org. Openoffice.org datang dengan semua komponen office yang dibutuhkan untuk bekerja dalam sehari-hari.

Selain itu, openoffice.org juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh microsoft office. Kita akan bicara sepuluh diantaranya:
  • Ketersediaan source code
  • Berjalan pada banyak platform
  • Kompatibel dengan microsoft office dan format office lainnya
  • Format open-document yang terbuka dan fleksibel
  • Ekspor ke pdf dan format lain dengan mudah
  • Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
  • Akses database yang luas dan transparan
  • Wizard untuk konversi dokumen ms office
  • Sangat customizeable
  • User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur program openoffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface writer, calc, impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari openoffice.org.

Bisa kita lihat, openoffice.org bukanlah proyek main-main. Openoffice.org sangatlah layak untuk digunakan dan diandalkan untuk membantu kita tetap produktif. Jangan pernah terus tergantung pada sesuatu. Ketergantungan itu tidak akan pernah selesai, apabila kita tidak berusaha keras untuk melepaskan diri.

Dari: iddonk.wordpress.com/2008/07/29/10-kelebihan-openofficeorg/
Tanggal: Kamis, 12 Februari 2009 | 08:58 WIB

Mengenal perangkat lunak pengolah kata

Software pengolah kata yang kita bicarakan ini ialah dengan menggunakan perangkat lunak OpenOffice.org Writer yang dijalankan dengan sistem operasi Linux. Perangkat lunak ini merupakan program satu paket saat kita menginstal Linux di komputer sendiri. Karena, sistem operasi Linux sudah menyiapkan beberapa paket dalam penginstalan termasuk aplikasi yang digunakan untuk perkantoran dan multimedia di dalam satu kaset piringan (Compact Disc).

Sekilas tentang program pengolah kata

OpenOffice.org Writer merupakan bagian program dari aplikasi perkantoran OpenOffice.org. Selain tugas utamanya untuk membuat naskah dalam bentuk dokumen, OpenOffice.org Writer juga bisa menyisipkan gambar, membuat tabel, dan melakukan perhitungan sederhana. Kita tentu bertanya, kenapa menggunakan OpenOffice.org Writer kalau yang paling populer adalah Microsoft Word ...?
Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan OpenOffice.org Writer bila di-bandingkan dengan menggunakan aplikasi yang sejenisnya, yaitu:
  1. Free Software, aplikasi gratis yang bisa didapat dari: meng-kopi, men-download dari manapun, tanpa diharuskan membayar lisensi. Dan bebas pula untuk diinstal ke beberapa komputer, serta dikopikan kemanapun, dan yang paling penting adalah didukung oleh komunitas di seluruh dunia.
  2. Format dokumen yang digunakan memakai Open Document Format (.odt) sehingga, akan dapat dibuka oleh pengolah kata yang lain seperti: AbiWord, StarWriter, dan semisalnya.
  3. File dokumen yang digunakan tidak rentan sebagai file pembawa virus.
  4. Bisa membuka file yang dibuat dengan Microsoft Word dengan hasil yang baik.
  5. Dapat menyimpan file dengan format Microsoft Word, sehingga dapat dibuka dengan baik juga oleh Microsoft Word.
  6. Tersedia untuk sistem operasi: Linux, Windows, Mac, dan Solaris.
  7. Tersedia versi portable (tanpa harus di-instal ke komputer).

Mengenal openoffice.org writer

OpenOffice.org Writer dapat berjalan di tempat sistem operasi yang berbeda, yaitu: sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan Solaris.

Namun begitu, pada ke-empat sistem operasi tersebut memiliki langkah-langkah untuk memulainya yang sedikit berbeda. Dalam posting ini, kita akan menggunakan sistem operasi Linux dengan distro Ubuntu. Untuk pengguna pada sistem operasi Linux, menu yang digunakan untuk menjalankan program pengolah kata OpenOffice.org Writer adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol Application.
2. Pilih Office.
3. Klik OpenOffice.org Writer.

Perhatikan, bahwa: sebenarnya penulisan OpenOffice selalu diakhiri dengan akhiran .org namun demi kepraktisan, maka terkadang akhiran tersebut tidak dituliskan.
Jendela aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer ditunjukkan pada gambar 1.3. Lembar kerja OpenOffice.org Writer disebut juga dengan Document.
Berdasarkan Gambar 1.3. tersebut, komponen-komponen yang ada pada jendela program aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer, terdiri dari 12 (duabelas) bagian yaitu:

Nomor/nama komponen:
  1. Title Bar
  2. Menu Bar
  3. Kontrol Jendela
  4. Toolbar standar
  5. Formatting toolbar
  6. Horizontal Ruler
  7. Vertikal Ruler
  8. Scroll Bar Horizontal
  9. Scroll Bar Vertikal
  10. Drawing toolbar
  11. Status Bar
  12. Text Boundaries
a. Title Bar

Berfungsi sebagai judul dan informasi nama file yang sedang aktif, atau sedang dijalankan. Terletak pada posisi paling atas pada jendela dokumen OpenOffice.org Writer.

b. Kontrol Jendela

Tiga fungsi pada kontrol ini, yaitu:

  1. Minimize windows: berfungsi untuk memperkecil tampilan OpenOffice.org Writer.
  2. Maximize dan Unmaximize windows: berfungsi untuk mengembalikan ukuran tampilan pada OpenOffice.org Writer, dan juga untuk memperbesar tampilan jendela kerja program aplikasi OpenOffice.org Writer.
  3. Close windows: berfungsi untuk menutup jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer
Untuk dapat mengakhiri jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer, ada 2 (dua) cara penggunaannya, yaitu:
  1. Cara pertama, digunakan untuk menutup lembar kerja tanpa mengakhiri, atau tanpa keluar dari program OpenOffice.org Writer, caranya: Klik menu File, kemudian pilih dan klik Close.
  2. Cara kedua, digunakan untuk menutup lembar kerja dan mengakhiri, atau keluar dari program OpenOffice.org Writer, caranya: Klik menu File, kemudian pilih dan klik Exit, atau Klik tanda silang ( X ) pada komponen kontrol jendela

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger