-->
Home » , » Perambatan gelombang radio

Perambatan gelombang radio

Written By Anisa film on Minggu, 25 Mei 2014 | 5/25/2014 01:41:00 AM


MEDIA TRANSMISI
01. Bagian Penting Pada Media Transmisi
02. Circuit
03. Channel
04. Media guided dan unguided
05. Media Transmisi Guided
06. Media Transmisi Unguided
07. Mode Perambatan Elektro magnetik
08. Perambatan Gelombang Radio
09. Sistem Komunikasi Satelit
10. Konstruksi dan pemasangan Kabel

Ionosphere

Radiasi atau pancaran gelombang ultravilolet yang berasal dari matahari, akan meng-ionkan molekul-molekul pada atmosphere. Semakin mendekati bumi, intensitas gelombang ultraviolet semakin kecil, hingga pada permukaan bumi tidak ada lagi atmosphere yang ter-ionkan. Pada lapisan ionosphere ini terdapat banyak elektron bebas yang bergerak secara acak, dan mungkin saja akan bersatu kembali dengan ion positifnya untuk menjadi atom netral. Khususnya untuk daerah didekat dengan permukaan bumi sehingga akan membentuk atmosphere padat, maka kejadian bersatu kembali elektron dan ion sangat besar.

Tidak demikian halnya dengan lapisan ionosphere. Pada tempat yang sangat tinggi, atmosphere akan semakin renggang, sehingga jumlah ion atau elektron bebas juga akan semakin sedikit, sehingga konsentrasi ion juga kecil.

Gambar 5.22. Model ionosphere

Dalam ionosphere terdapat lapisan–lapisan yang konsentrasi ionnya berbeda, serta otomatis pada ketinggian yang berbeda pula.

Gambar 5.23. Hubungan antara kepadatan elektron dan ketinggian

Ionosphere hanya akan ada pada saat ada intensitas matahari. Biasanya, terjadi pada siang hari, dan akan sangat menurun pada malam hari. Sifat ionosphere adalah memantulkan gelombang yang datang dengan sudut tertentu dan pada frekuensi MF.

Gambar 5.24. Lapisan Ionosphere

Gelombang radio akan mengalami redaman pada setiap pantulan hingga kuat medan yang diterima berbanding terbalik dengan jarak yang dilaluinya. Semakin tinggi frekuensi radio yang digunakan, maka effek lapisan ionosphere juga semakin berkurang. Pada bandwith atau pita frekuensi HF, VHF, atau SHF, maka gelombang radio akan langsung menembus lapisan ionosphere.

Selain sinyal gelombang dipantulkan oleh ionosphere, permukaan bumi juga berperan memantulkan sinyal gelombang elektromagnetik. Dengan adanya pemantulan gelombang yang dilakukan oleh lapisan ionosphere dan permukaan bumi, maka sinyal yang disampaikan akan sampai pada jarak yang sangat jauh.

Gambar 5.25. Pantulan oleh permukaan bumi

Perambatan gelombang dengan pantulan oleh lapisan ionosphere ini sangat tidak stabil, yaitu: sering-kali sinyal dapat diterima kuat, dan sering-kali sangat lemah. Ketidak teraturan ini dikenal dengan nama fading (fade out = hilang sama sekali). Perhitungan yang dipakai adalah probability sistem transmisi pada suatu media tertentu akan hilang sama sekali. Misalnya, jika dikatakan fading sebesar 40 dB, hal ini berarti kemungkinan terjadi fading terbesar 40 dB. dan probability terjadi hal terjelek adalah P= 10 – F/10. Fading ini dapat terjadi secara cepat dan lambat, atau tergantung pada gerak benda pemantulnya, dalam hal ini yaitu: lapisan ionosphere.

Gelombang radio Mikro

Gelombang radio mikro adalah gelombang radio yang menggunakan frekuensi VHF s/d SHF. Karena menggunakan frekuensi tinggi, maka gelombang ini merambat lurus, dan dikenal dengan nama pancaran LOS (Line of sight).

Gambar 5.26. Dua antena terhubung melalui udara bebas

Gelombang radio mikro digunakan untuk membawa sinyal dari satu stasiun radio ke stasiun lainya dengan jarak sekitar 60–100 km. Kadang untuk kebutuhan di dalam kota dapat juga digunakan untuk jarak dekat. Pada gelombang mikro ini banyak terjadi gangguan seperti adanya masalah redaman karena hujan, redaman karena halangan (obstacle), ataupun redaman karena lapisan udara yang memantul (sangat mempengaruhi kinerjanya).

Sistem ini dapat membawa informasi digital dari 8 Mbps s/d 144 Mbps, atau s/d 1920 VBW @ 64 Kbps. Untuk kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan di atas, maka sistem gelombang mikro ini tidak effisien.

Keterbatasan gelombang mikro adalah fading yang besar, dan jarak yang dicapai tidak terlalu jauh, karena harus berupa sinyal LOS.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger