-->
Home » , » Lapisan protokol pada jaringan komputer

Lapisan protokol pada jaringan komputer

Written By Anisa film on Kamis, 30 Januari 2014 | 1/30/2014 01:09:00 PM


PROTOKOL DAN STANDAR JARINGAN
1. Protokol dan Susunan Protokol
2. Standar Jaringan
3. Lapisan Protokol Pada Jaringan Komputer
4. Protokol OSI
5. Lapisan Menurut OSI

Secara umum, lapisan protokol dalam jaringan komputer dapat dibagi atas tujuh lapisan. Lapisan ini dapat dilihat pada gambar 17.3. Dari lapisan terbawah hingga tertinggi telah dikenal dengan sebutan: physical layer, link layer, network layer, transport layer, session layer, presentation layer, dan application layer. Masing-masing lapisan mempunyai fungsi tersendiri, dan tidak tergantung pada satu dengan lainnya. Dari ketujuh lapisan ini hanya physical layer yang merupakan perangkat keras, selebihnya merupakan perangkat lunak.

physical layer merupakan media penghubung untuk mengirimkan informasi digital dari satu komputer ke komputer lainnya yang secara fisik dapat kita lihat. Berbagai bentuk perangkat keras telah dikembangkan untuk keperluan ini. Satu diantaranya yang cukup banyak digunakan untuk keperluan jaringan komputer lokal (LAN) di Indonesia adalah ARCnet yang banyak digunakan serta menggunakan perangkat lunak Novell.

Gambar 17.3. Lapisan Protocol Pada Jaringan

Untuk keperluan Wide Area Network (WAN) kita dapat menyambungkan berbagai LAN ini dengan menggunakan media radio atau telepon menjadi satu kesatuan. Untuk mengatur hubungan antara dua buah komputer melalui physical layer yang ada digunakan protokol link layer. Pada jaringan paket radio di amatir digunakan link layer AX.25 (Amatir X.25) yang merupakan turunan CCITT X.25 yang juga digunakan pada Sistem Komunikasi Data Paket (SKDP) oleh: PT. INDOSAT dan PT. TELKOM.

IEEE sebuah organisasi profesi untuk teknik elektro telah mengembangkan beberapa standar protokol physical layer dan link layer untuk LAN. Berdasarkan rekomendasi IEEE pada LAN yang menggunakan ARCnet (IEEE 802.3) atau Ethernet (IEEE 802.3) digunakan link layer (IEEE 802.2). Pada LAN Token Ring digunakan physical layer (IEEE 802.5). Bentuk lain dari LAN yang kurang dikenal adalah: Token Bus (IEEE 802.4). Untuk LAN berkecepatan tinggi juga telah dikembangkan sebuah standar yang diturunkan dari IEEE 802.3, yang kemudian dikenal sebagai Fiber Data Distributed Interface (FDDI).

Dalam postingan ini kita akan bicara beberapa bagian protocol yang digunakan dalam skema membangun suatu jaringan komputer.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger