-->
Home » , » Tipe data, variable dan pernyataan i/o

Tipe data, variable dan pernyataan i/o

Written By Anisa film on Jumat, 17 Mei 2013 | 5/17/2013 03:58:00 AM


PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK DENGAN JAVA
1. Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
2. Pengenalan pada Java
3. Tipe Data, Variabel dan Pernyataan I/O
4. Operator
5. Struktur Kontrol Program
6. Exception Handling
7. Multi-Threading
8. Aplikasi Pemrograman Berorientasi Obyek dengan Java

Tipe data

Ada 8 tipe data dasar pada java, yaitu: boolean (untuk bentuk logika), char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long (integral), double and float (floating point). Tabel 8.1 berikut menunjukkan penjelasan tentang tipe data tersebut.


Pada Java, String bukan merupakan tipe data primitif (namun merupakan suatu Class). String mewakili tipe data yang terdiri atas beberapa karakter. String ditulis dengan menggunakan tanda petik ganda (""). Contoh-contoh berikut menunjukkan bagaimana menggunakan tipe-tipe data di atas. Ketikkan kode pada contoh-contoh berikut, kemudian kompilasi dan jalankan. Perhatikan output dari program.

Contoh 8.1. Penggunaan tipe data integral.

public class ContohPerhitungan {
public static void main(String[] args) {
byte a = 1;
short b = 12;
int c = 300, d, e;
d = a + b + c;
e = a * b * c;
System.out.println("Hasil penjumlahan = " + d);
System.out.println("Hasil perkalian = " + e);
}
}

Contoh 8.2. Penggunaan tipe data float.

public class LuasLingkaran {
public static void main(String[] args) {
double pi = 3.1416;
double r = 2.12;
double luas;
luas = pi * r * r; System.out.println("Luas Lingkaran = " + luas);
}
}

Contoh 8.3. Penggunaan tipe data char.

public class tipeChar {
public static void main(String[] args) {
char ch = 'A';
System.out.println("ch = " + ch);
ch++;
System.out.println("ch = " + ch);
}
}

Variabel dan konstanta

Aturan penamaan (identifier) variabel dan konstanta juga berlaku pada Java. Selain itu, penulisan identifier pada Java bersifat case-sensitive. Artinya, huruf besar dan huruf kecil dianggap suatu yang berbeda. Tidak seperti pada VB, java mensyaratkan kita mendeklarasikan variabel dan konstanta adalah lebih dulu. Kalau tidak, maka kode program tidak akan dapat dikompilasi.

Cara pendeklarasian variabel yaitu sebagai berikut:

<tipe data> <nama variabel> [=nilai awal];

Nilai awal bersifat opsional (boleh dicantumkan atau tidak). Perhatikan contoh 8.1 (pada halaman sebelum ini). Variabel a, b, dan c telah ditentukan nilai awalnya. Sedangkan variabel d dan e tidak ditentukan nilainya. Perhatikan juga contoh 8.2 dan 8.3 (pada halaman sebelum ini) untuk pendeklarasian variabel.

Input/output

Pada contoh-contoh kode program (pada judul postig 'Tipe data'), sebenarnya kita telah menggunakan salah satu cara untuk menampilkan output ke layar, yaitu: perintah System.out.println. Namun, kita belum pernah menggunakan pernyataan untuk mendapatkan input. Berikut ini kita akan memahami bagaimana menggunakan pernyataan input dan output pada Java.

Untuk dapat menangkap input dari keyboard, maka kita harus menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package. Sehingga, di awal program kita harus mencantumkan kelas tersebut pada kode program. Perhatikan contoh berikut.

Contoh 8.4. Pernyataan input pada Java.

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

public class InputKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String name = "";

System.out.print("Ketikkan nama anda:");

try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hai " + name +"!");
}
}

Tiga baris yang diawali dengan perintah import menunjukkan bahwa: kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader, dan IOException yang berada di java.io package. Penjelasan tentang package akan kita bicarakan pada bagian lain dari label ini.

Pada statement,

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );

kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe kelas BufferedReader. Kemudian, kita mendeklarasikan variabel String dengan identifier name. Pernyataan ini digunakan untuk menunjukkan tempat menyimpan input dari pengguna. Variabel name diinisialisasi sebagai String kosong "". Baris berikutnya adalah memberikan output string seperti yang telah kita pahami dengan menggunakan pernyataan System.out.print;

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch blok (kita akan bicara tentang ini di sub label exception)

try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement name = dataIn.readLine(); akan ditangkap. Jika ada kesalahan, maka tulisan "Error" akan disampaikan. Jika tidak ada kesalahan maka variabel name akan diisi dengan apa yang dimasukkan oleh pengguna melalui keyboard. Dan akan ditampilkan pada pernyataan terakhir.

Untuk menampilkan output yang kita inginkan, dapat menggunakan perintah sebagai berikut:

System.out.println()
System.out.print()

System.out.println()akan membuat baris baru sedangkan
System.out.print() tidak akan membuat baris baru.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger