-->

Menu-menu umum aplikasi basis data

Written By Anisa film on Senin, 29 April 2013 | 4/29/2013 07:58:00 PM


APLIKASI BASIS DATA BERBASIS MICROSOFT ACCESS
1. Menu-menu Umum Aplikasi Basis Data
2. Tabel
3. Query
4. Form
5. Report

Gambar di bawah adalah tampilan awal dari Microsoft Access versi 2007. Perangkat lunak yang termasuk dalam Micosoft Office Suite ini mungkin perangkat lunak yang jarang digunakan orang meskipun telah tersedia pada paket micosoft office. Padahal, perangkat lunak ini sangat banyak bermanfaat apabila digunakan.

  • Ada enam obyek penting Microsoft Access, yaitu: Table, Queries, Forms, Reports, Macros, dan Modules
  • Tabel dalam Microsoft Access terdiri dari record (baris) dan field (kolom). Tabel dapat dibuat dengan mendefinisikan field-field yang dibutuhkan, dilengkapi dengan tipe data, domain, dan penentuan primary key nya.
  • Query atau permintaan data, dapat menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel yang saling berhubungan. Query dalam Microsoft Acces dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas GUI.
  • Form, adalah salah satu obyek basis data dalam Microsoft Access yang digunakan sebagai antar muka bagi pengguna untuk memasukkan data atau menampilkan data. Form dapat dibuat melalui metode Wizard maupun manual dengan menggunakan Design View.
  • Report, digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas. Report, juga dapat dibuat dengan cara manual maupun dengan fasilitas Wizard.

Menu-menu umum aplikasi basis data

Microsoft access adalah dbms keluaran dari Microsoft. Versi terbaru dari access adalah versi 2007 yang termasuk dalam aplikasi microsoft office 2007. Format data default untuk versi terbaru ini berbeda dengan versi sebelumnya. Ekstension file sebelumnya adalah .mdb, namun sekarang berganti dengan .accdb. File basis data yang dibuat oleh versi terbaru ini tidak dapat dibaca oleh versi sebelumnya. Namun versi terbaru ini dapat membaca file basis data versi sebelumnya.

Untuk memulai microsoft access, kita dapat melakukan klik Start pada windows, pilih Programs, lalu pilih microsoft access. Tampilan awal microsoft access akan tampak seperti gambar 11.2. Microsoft access memberikan beberapa opsi dalam pembuatan basis data seperti tampak pada gambar 11.2. Namun opsi yang paling sering kita gunakan adalah: blank database. Apabila kita klik pada bagian ini, maka akan muncul permintaan untuk mendefinisikan basis data seperti terlihat pada gambar 11.3. Nama dan lokasi penyimpanan basis data adalah harus ditentukan.



Setelah kita tekan tombol create, berarti kita telah mempunyai sebuah basis data namun masih belum terisi tabel atau data apapun (gambar 11.4). Pada gambar tersebut dapat kita lihat nama file basis data, yaitu: 'latihan01 dan format file basis data menggunakan access 2000'. Pada gambar tersebut juga ada tempat bagian-bagian (object) basis data tersebut.


Ada enam obyek penting Access yang menjadi fitur utama dari DBMS ini, yaitu:
  • Table: Tabel adalah tempat dimana kita menyimpan data. Semua tabel di dalam Access mengikuti aturan basis data relasional yang terdiri dari baris dan kolom. Setiap basis data bisa berisi lebih dari satu tabel.
  • Queries: Fitur queries disediakan untuk memilih data yang akan kita tampilkan. Queries pada access disediakan baik dalam bentuk GUI maupun dalam bentuk bahasa SQL.
  • Forms: Fitur form disediakan untuk membuat tampilan dari basis data yang dibuat menjadi lebih menarik. Baik ketika mengedit data maupun tampilan output data di layar monitor.
  • Reports: Fitur ini disediakan untuk membuat format pencetakan pada media kertas melalui printer.
  • Macros: Fitur macro merupakan fitur yang digunakan untuk menyimpan perintah-perintah otomatis tertentu yang berhubungan dengan basis data yang dibuat. Dibutuhkan kemampuan pemrograman untuk menggunakan fasilitas ini.
  • Modules: Fitur ini lebih luas dari macro karena kita dapat melakukan pemrograman pada banyak aspek dalam microsoft access.
Selain obyek-obyek utama di atas, microsoft access juga menyediakan seperangkat alat untuk mendukung kemudahan dalam membuat basis data dan aplikasinya. Berikut ini gambar-gambar toolbar pada microsoft access beserta kegunaannya.




Pada blog ini, kita akan mempelajari empat buah obyek, yaitu: tabel, query, form, dan report. Namun, sebelum kita memulai dengan bahasan tentang bagaimana menggunakan obyek-obyek dalam microsoft access tersebut, kita akan sekilas membahas tentang contoh kasus basis data yang akan kita buat. Kasus yang akan kita buat adalah 'Bbasis data penjualan buku'. Pada kasus ini, setiap pembeli akan melakukan pembelian terhadap buku yang diinginkan dan membayar sejumlah uang sesuai dengan buku yang dibeli. Data pembeli akan dicatat. Demikian juga setiap data pesanan, baik itu pemesanan ringkasan maupun item-item pemesanannya. Data pesanan berisi pembeli yang melakukan pemesanan, total pembelian dan tanggal pembelian. Sedangkan data item pemesanan berisi data buku yang dipesan dan jumlahnya untuk tiap pemesanan.

Dengan membaca kasus di atas, maka apabila kita akan membuat ER Diagramnya, maka langkah pertama adalah identifikasi kandidat entitas yang terlibat. Dari teks di atas, kita dapat mengidentifikasi ada minimal 4 kandidat entitas yaitu: pembeli, buku, pesanan dan item pemesanan. Sedangkan relasinya dapat kita identifikasi seperti berikut :
  • pembeli melakukan pemesanan
  • pada setiap pesanan terdapat item-item pesanan
  • pada item-item pesanan terdapat daftar buku-buku yang dipesan.
Atribut-atribut untuk masing-masing kandidat entitas dapat kita tentukan sebagai berikut:
  • Entitas Pembeli dengan atribut: id_pembeli, nama, alamat, dan telepon
  • Entitas Buku dengan atribut: nomor ISBN, pengarang, dan judul
  • Entitas Pesanan dengan atribut: id_pesanan, jumlah pembelian, tanggal pembelian
  • Entitas Item Pemesanan dengan atribut: jumlah masing-masing buku yang dipesan
Setelah semua informasi lengkap, maka kita dapat menggambarkan 'ER Diagram' dan untuk kasus di atas yaitu seperti pada gambar 11.8.


Berdasarkan ER Diagram di atas, kita dapat menentukan tabel-tabel apa yang dibutuhkan pada basis data penjualan buku. Ada empat tabel yaitu: tabel pembeli, buku, pesanan, dan tabel item pesanan. Untuk mengakomodasi relasi yang ada pada ER Diagram, maka akan dibuat atribut-atribut yang berperan sebagai perwujudan relasi. Tabel 11.1, menunjukkan tabel dan atribut yang ada pada basis data penjualan buku.


Tabel 11.1 dapat kita lengkapi dengan tipe data dan constraint/domain seperti pada tabel 11.2. Hal ini adalah untuk mempermudah pembuatan tabel pada DBMS. Apabila kita memeriksa apakah tabel-tabel yang terbentuk sudah dalam bentuk normal atau belum, maka kita akan menjumpai semua tabel sudah dalam bentuk normal bentuk ketiga (3NF).

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger