-->
Home » , » Frequency shift keying (fsk)

Frequency shift keying (fsk)

Written By Anisa film on Minggu, 13 April 2014 | 4/13/2014 02:32:00 AM


TEKNIK MODULASI
1. Prinsip Umum Teknik Modulasi
2. Modulasi Analog
3. Modulasi Digital
4. Amplitude Shift Keying
5. Frequency Shift Keying
6. Phase Shift Keying

Frequency shift keying (FSK) merupakan sistem modulasi digital yang relatif sederhana. FSK mempunyai kinerja yang kurang begitu bagus dibandingkan sistem modulasi PSK atau QAM. FSK biner adalah sebuah bentuk modulasi sudut dengan envelope konstan yang mirip dengan FM konvensional kecuali bahwa dalam modulasi FSK, sinyal pemodulasi berupa aliran pulsa biner yang bervariasi diantara dua level tegangan diskrit, sehingga berbeda dengan bentuk perubahan yang kontinyu pada gelombang analog. Ekpresi yang umum untuk sebuah sinyal FSK biner adalah:



Dimana:
v(t): adalah bentuk gelombang FSK biner
Vc: puncak amplitudo carrier tanpa termodulasi
wc: carrier frekuensi (dalam radian)
fm(t): frekuensi sinyal digital biner pemodulasi
Dw: beda sinyal pemodulasi (dalam radian)

Dari persamaan di atas, bahwa: dengan FSK biner amplitudo carrier, Vc tetap konstan.

Jika output frekuensi carrier (wc) bergeser dengan suatu nilai sebanding ± Δω/2 radian, maka pergeseran frekuensi (Δω/2) adalah sebanding dengan amplitudo dan polaritas pada sinyal input biner. Sebagai contoh, sebuah biner satu akan bernilai +1 volt dan sebuah biner nol akan bernilai –1 volt, dan akan menghasilkan pergeseran frekuensi pada + Δω/2 dan - Δω/2.

Laju pergeseran frekuensi tersebut sebanding dengan setengah laju perubahan sinyal input biner fm(t), sehingga pergeseran sinyal output carrier diantara ωc + Δω/2 dan ωc - Δω/2 pada laju senilai fm.

Dengan FSK biner, pusat pada frekuensi carrier tergeser oleh masukan data biner. Hal ini akan mengakibatkan keluaran pada modulator FSK biner membentuk fungsi step pada domain frekuensi. Dengan adanya perubahan sinyal masukan biner dari suatu logic 0 ke logic 1 atau sebaliknya, output FSK bergeser diantara dua frekuensi. Dengan FSK biner, maka perubahan frekuensi keluaran akan terjadi pada setiap adanya perubahan kondisi logic pada sinyal masukan. Sehingga, hal ini akan menyebabkan laju perubahan keluaran adalah sebanding dengan laju perubahan masukan. Dalam modulasi digital, laju perubahan masukan pada modulator disebut bit rate dan memiliki satuan bit-per-second (bps). Laju perubahan pada output modulator disebut baud atau baud rate dan sebanding.

Gambar 9.21a. Pembangkit FSK Biner

Gambar 9.21b. Pembangkit FSK Biner

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger