-->
Home » , » Sepintas tentang webmail

Sepintas tentang webmail

Written By Anisa film on Selasa, 07 Februari 2012 | 2/07/2012 04:56:00 PM


E-MAIL
1. Gambaran Umum E-mail
2. Cara Kerja E-mail
3. Sepintas Tentang Webmail
4. Mencari Ilmu Dengan Berdiskusi Di Mailing List

Webmail (atau e-mail berbasis Web), adalah sebuah jasa e-mail yang dibuat untuk dapat diakses dengan melalui Web. Webmail, berbeda dengan e-mail yang melalui perangkat lunak e-mail client, seperti: Mozilla’s Thunderbird, atau Apple Inc.’s Mail. Beberapa penyedia jasa webmail yang populer adalah Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail dan AOL.

Pada tahun 1997, sebelum diakusisi oleh Microsoft, Hotmail memberikan jasa Webmail yang menjadi Webmail pertama dan sangat populer. Sesudah kesuksesan Hotmail, Google mulai memperkenalkan gmail pada tahun 2004. Gmail cukup menarik, karena beberapa fitur utamanya, yaitu: menu JavaScript, iklan berbasis teks, dan tempat penyimpanan e-mail yang sangat besar.

Keuntungan utama penggunaan Web mail dibandingkan dengan e-mail yang menggunakan e-mail client adalah: 'pengguna Webmail dapat mengakses kotak suratnya (Inbox) dari semua komputer yang tersambung ke Internet di seluruh dunia'. Akan tetapi, keharusan adanya akses Internet itu menjadikan Webmail bermasalah. Webmail hanya bermanfaat pada saat ada sambungan Internet. Selain itu, kecepatan akses Webmail sangat tergantung pada kondisi jaringan.

Pada saat ini, ada beberapa webmail yang bersifat gratis dan banyak digunakan di Indonesia yang antara lain adalah: 'mail.telkom.net' dan 'plasa.com'

Membuat webmail di telkom.net

Untuk memperoleh e-mail address di Internet Indonesia itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, bahkan kita bisa juga untuk membuatnya dengan cara yang gratis. Mari, kita membuat e-mail gratis di telkom.net.

Untuk membuat Webmail gratis di telkom.net, kita dapat melalukannya langkah-langkah seperti berikut:
  1. masuk ke situs 'mail.telkom.net/'
  2. klik "daftar" yang ada di sebelah kanan, atau langsung ke alamat:
    login.plasa.com/daftar_net.php
  3. kita selanjutnya perlu mengisi data-data pribadi kita seperti yang di-minta oleh situs telkom.net sebagaimana seperti yang tampak pada Gambar 7.2.


Melalui menu pendaftaran, kita dapat memasukan beberapa data yang di minta untuk di isi, sebelum telkom.net memberikan e-mail kepada kita secara gratis. Adapun data yang di minta antara lain adalah: nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, kota, propinsi, dan alamat e-mail (apabila kita sudah punya sebelumnya).

Kita juga di-ijinkan untuk memilih username dan password yang kita inginkan. Alamat e-mail kita di telkom.net nantinya akan berupa – username-anda@telkom.net. Simpan informasi ini baik-baik untuk digunakan berkomunikasi dengan rekan-rekan lain di Indonesia, dan dunia.

Untuk menyelesaikan proses permohonan pembuatan e-mail di telkom.net, ketikan kode gambar yang tertera pada situs telkom.net, dan setelah aturan-aturan penggunaan telkom.net di baca baik-baik, selanjutnya ketik tombol 'OK'.

Selesailah sudah proses pembuatan account di telkom.net. Sekarang, kita sudah dapat mulai berkomunikasi menggunakan e-mail dengan teman-teman lain di Internet dengan menggunakan fasilitas dari telkom.net

Dengan cara yang tidak berbeda jauh, kita juga dapat membuat e-mail gratis di plasa.com. Cobalah untuk membuat e-mail gratis di plasa.com juga.

Menggunakan webmail

Sebagian dari kita tentu pernah berjalan-jalan ke kota lain yang jauh. Salah satu hal yang sering kita lakukan dalam perjalanan itu biasanya adalah mengirimkan kartu pos ke rumah, atau ke teman-teman yang ada di kota tempat kita bertempat tinggal.

Kartu pos, biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke-arah tujuan. Melalui media Webmail, tentu saja waktu yang perlukan untuk pengiriman surat akan menjadi sangat cepat, mungkin dalam hitungan menit atau detik, surat akan sampai kepada tujuan.

Coba, kita mengingat salah satu dari perjalanan yang pernah kita lakukan dan paling berkesan. Kemudian, ceritakan apa yang telah kita alami di-dalam perjalanan tersebut, atau ceritakan hal-hal yang menarik lainnya pada teman-teman atau saudara kita dengan menggunakan Webmail yang baru saja dibuat.
Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:
  1. Buka Web 'mail.telkom.net
  2. Masukan username dan password, biasanya kolom tersebut berada di sebelah kanan atas.
  3. Tekan tombol "Enter" di keyboard untuk masuk.


Pada gambar 7.4, di perlihatkan tampilan situs Webmail telkom.net pada saat kita berhasil memasuki situs Webmail telkom.net. Pada dasarnya, kita hanya akan lebih sering mengunakan dua (2) menu utama yang tersedia, yaitu:
  • Inbox – untuk membaca surat yang masuk.
  • Compose – untuk menulis surat ke orang lain.
Untuk menulis kisah perjalanan kita untuk teman-teman misalnya, kita perlu memilih menu Compose. Tampilan untuk menulis surat atau e-mail di perlihatkan pada Gambar 7.5.


Melalui fasilitas Compose, atau seperti tampak pada Gambar 7.5, kita dapat menulis surat untuk orang lain. Pada dasarnya kita perlu menulis minimal empat (4) hal secara berurut, yaitu:
  1. Tujuan surat (To:) kepada alamat e-mail yang mana surat akan dikirimkan.
  2. Perihal atau Subject e-mail.
  3. Isi berita atau isi surat. Kita dapat menulis berbagai hal sini.
  4. Tekan tombol "Send" setelah surat selesai di tulis.
Untuk contoh ini, masukan alamat e-mail teman kita. Kemudian, ceritakan kisah perjalanan kita yang paling menarik. Setelah selesai semua yang telah kita lakukan, kita dapat menekan tombol Send untuk mengirimkan surat tersebut ke teman-teman kita.

Hanya bermodalkan pengetahuan yang sangat sederhana ini, kita dapat berkirim surat secara elektronik ke teman-teman di seluruh dunia, dan tentu saja kita harus saling mengetahui alamat e-mail masing-masing.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger