-->

Dunia facebook

Written By Anisa film on Jumat, 10 Februari 2012 | 2/10/2012 01:32:00 AM


JARINGAN SOSIAL
1. Mengenal Jaringan Sosial Di Internet
2. Dunia Facebook

Facebook adalah sebuah situs jaringan sosial yang mulai di operasikan pada: tanggal 4 Februari 2004 di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Facebook adalah situs Web yang dapat diakses secara gratis, dan di operasikan oleh perusahaan Facebook. Facebook di dukung oleh sekitar 500 orang pegawai yang saat ini beroperasi dari kantor pusat di Palo Alto - California - Amerika Serikat. Facebook pada saat ini tercatat sebagai situs jaringan sosial di Internet yang menduduki rangking pertama dalam jumlah anggota di dunia.

Pengguna dapat masuk ke jaringan facebook yang di kelola berdasarkan kota, tempat kerja, sekolah, wilayah dan memungkinkan kepada kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan teman, mengirimkan berita, mengupdate informasi tentang dirinya.

Mark Zuckerberg, masih mahasiswa di Harvard University pada saat pertama kali membuat Facebook. Anggota Facebook pada awalnya hanya mahasiswa Harvard saja, dan kemudian di kembangkan ke berbagai akademi di-sekitarnya. Kemudian lagi, di kembangkan pula ke mahasiswa dari berbagai universitas lainnya, murid-murid sekolah, dan akhirnya ke-semua orang yang berusia di atas 13 tahun. Situs Facebook pada saat ini mempunyai lebih dari 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia, atau kira-kira hampir sama dengan setengah bangsa Indonesia dalam satu situs Web.

Satu hal yang membuat Facebook menjadi sangat menarik adalah ke-sederhanaannya dan proteksi untuk privasi yang sangat baik, dan jauh lebih baik di-bandingkan dengan Friendster yang lebih terbuka, yang memungkinkan semua orang untuk melihat data pribadi kita.

Membuat account facebook

Mari kita membuat account di Facebook untuk berinteraksi dengan teman-teman kita, baik itu teman lama maupun teman baru di dunia maya.

Bagi kita yang baru pertama kali dan ingin membuat Account di-Facebook, maka kita dapat langsung membuat Account di Facebook. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Akses Web Facebook pada alamat - www.facebook.com
  2. Untuk membuat account baru di Facebook, kita perlu memasukan data-data kita pada tampilan awal, yaitu: nama lengkap (Full Name), alamat e-mail, Password yang kita inginkan. Jenis kelamin (Male atau Female), dan tanggal lahir. Perlu di catat bahwa Facebook akan melarang anak di bawah usia 16 tahun untuk bergabung. Jika kita sudah kelas tiga (3) SMP dan usia kita sudah 16 tahun atau lebih, kemungkinan besar kita akan bisa mendaftarkan diri di Facebook.
  3. Setelah semua data di masukan, tekan tombol "Sign Up" yang berada di bawah dan berwarna hijau untuk memasukan data-data kita ke Facebook.
  4. Proses authentikasi account Facebook untuk memastikan bahwa: memang kita benar-benar membuat account di Facebook melalui langkah berikut - Facebook biasanya akan mengirimkan e-mail kepada e-mail kita untuk memastikan bahwa kita memang benar-benar meminta untuk membuat account di Facebook.
  5. Masuklah ke Webmail yang kita miliki. Kemudian masuk ke alamat yang diminta oleh Facebook untuk memastikan bahwa kita benar-benar membuat account di Facebook.


Biasanya selesai sudah proses pembuatan account di Facebook dengan mengakses alamat yang diberikan oleh Facebook. Selanjutnya, kita sudah dapat mencari teman-teman kita di Facebook.

Mencari teman satu sekolah di facebook

Salah satu hal yang paling menarik di Facebook adalah mencari teman-teman lama yang pernah berada di-satu sekolah pada masa lalu, atau mungkin juga guru-guru yang dulu pernah mengajar kita. Cobalah mencari mereka di Facebook, siapa tahu mereka juga menggunakan Facebook.

Pada dasarnya, ada dua (2) fasilitas yang banyak digunakan untuk mencari teman-teman lama, yaitu:
  1. People You May Know
  2. Find Friends. Fasilitas Find Friends cukup lengkap, karena kita akan dapat mencari berdasarkan sekolah, nama, maupun e-mail address teman-teman tersebut.


Tampak pada Gambar 8.2 diperlihatkan menu "People You May Know" yang terdapat pada kolom sebalah kanan halaman Facebook. Melalui menu "People You May Know", Facebook memberikan pilihan banyak orang, yang biasanya dari kota, atau sekolah yang sama, dan yang mungkin kita kenali. Untuk memudahkan kita memilih, Facebook biasanya memperlihatkan gambar wajah dari teman kita tersebut, apabila mereka memasang foto-nya di profile. Dengan melihat foto, maka kita agak mudah untuk memilih teman-teman tersebut.

Jika teman yang di usulkan oleh Facebook ternyata tidak kita kenali, kita dapat menekan tombol "x" yang ada di kanan gambar. Sebaiknya, kita memilih teman yang benar-benar kita kenali agar komunikasi dan obrolan menjadi lebih menarik.

Teknik lain untuk mencari teman adalah dengan menggunakan fasilitas menu "Find Friends" yang dapat di akses melalui menu Friends. Find Friends yang akan tampak seperti pada Gambar 8.3.
Pada menu Find Friends ada beberapa fasilitas pencarian teman, yaitu:
  1. Find People You Email. Di fasilitas ini, kita dapat mencari teman yang menggunakan e-mail untuk berkomunikasi dengan kita.
  2. Discover People You May Know. Di fasilitas ini, Facebook akan menyarankan beberapa teman yang mungkin kita kenal.
  3. Search for People. Kita juga dapat mencari teman yang kita tahu nama lengkapnya, atau kita juga dapat mencari teman yang satu sekolah.
  4. Find People You IM. Facebook juga menyediakan fasilitas untuk mencari teman yang biasa berhubungan mengunakan Internet Messenger (IM) seperti: Yahoo Messanger atau gtalk.

Halaman tokoh indonesia di facebook

Pada hari ini, cukup banyak tokoh di Indonesia yang ada di Facebook. Sekarang, mari kita mencari tokoh yang kita sukai seperti misalnya: artis, presiden, politikus dan masih banyak lagi.

Untuk mencari halaman tokoh, politikus, artis, penulis, presiden, bahkan juga organisasi, musium, benda bersejarah maupun institusi lainnya, kita dapat mencarinya pada alamat yang berikut:
www.facebook.com/pages/


Tampilan Facebook untuk mencari halaman orang penting, orang terkenal maupun tempat terkenal akan terlihat seperti pada Gambar 8.4. Selanjutnya, kita dapat memasukan nama orang penting atau tempat yang terkenal tersebut pada menu pencari yang ada di sebelah kanan atas. Misalnya kita memasukan nama Soekarno ada menu Search yang ada di sebelah kanan.

Seperti kita semua tahu, bahwa Soekarno adalah Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Tampak pada Gambar 8.5 adalah hasil pencarian halaman dari Soekarno. Kebetulan, ada lebih dari satu (1) halaman Soekarno yang berada di Facebook. Biasanya halaman ini di urutkan berdasarkan jumlah pendukung halaman tersebut. Halaman paling banyak pendukungnya biasanya diletakan pada posisi paling atas. Untuk halaman Soekarno, jumlah pendukung yang paling banyak mempunyai jumlah mendekati 2000 pendukung (supporter) pada bulan February 2009.


Untuk melihat dengan lebih jelas, kita dapat memilih salah satu dari halaman yang kita inginkan. Klik pada menu "View Page".

Melalui halaman Soekarno di Facebook, kita dapat melihat berbagai macam foto yang berhubungan dengan Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno. Kita juga dapat membaca berbagai komentar maupun diskusi dari para penggemar dan simpatisan Soekarno.

Akan sangat terasa nuansa kepahlawanan dan ketokohan Soekarno sebagai salah seorang yang mendirikan Republik Indonesia setelah membaca berbagai komentar yang ada. Mudah-mudahan semangat yang ada akan dapat menurun kepada kita semua untuk membangun Republik Indonesia yang kita cintai.

Halaman situs sejarah indonesia di facebook

Tentunya Facebook tidak hanya menyimpan halaman-halaman yang berhubungan dengan tokoh manusia. Facebook juga banyak menyimpan halaman yang berkaitan dengan tempat, kota, sekolah, benda atau organisasi.

Untuk itu, mari kita mencari halaman yang berkaitan dengan situs sejarah di Indonesia. Beberapa situs sejarah yang terkenal diantaranya adalah: candi Boroburur, Candi Prambanan, Trowulan dan masih banyak lagi.


Cara mencari situs Sejarah di Facebook sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara mencari orang terkenal di Facebook. Adapun caranya adalah seperti berikut:
  1. Masuk ke halaman - www.facebook.com/pages/
  2. Masukan nama situs Sejarah yang kita cari pada menu Search di-sebelah kanan atas. Misalnya "Borobudur".
  3. Mungkin akan keluar satu atau lebih halaman yang kita cari.
  4. Pilih salah satu dari halaman tersebut dengan cara meng-klik "View Page".
  5. Halaman tentang Borobudur akan terlihat seperti tampak pada Gambar 8.7.
Hal yang menarik dari Facebook, seringkali bagi penggemar sebuah situs sejarah akan menyumbangkan gambar-gambar yang bagus tentang situs tersebut. Jadi, kita dapat menikmati pemandangan yang indah dari candi Borobudur tanpa perlu bersusah payah datang ke candi Borobudur.


Pada Gambar 8.8 di perlihatkan salah satu gambar atau foto Candi Borobudur yang sangat cantik sekali, dan masih banyak sekali gambar-gambar yang menarik dan yang dapat kita lihat di Facebook.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger