-->
Home » » Web untuk berselancar di internet

Web untuk berselancar di internet

Written By Anisa film on Minggu, 22 Januari 2012 | 1/22/2012 01:23:00 PM


World Wide Web, biasanya dikenal sebagai Web saja dan web adalah sebuah dokumen dalam format hypertext yang dapat di akses melalui Internet. Dengan sebuah Web browser, seseorang dapat melihat halaman Web yang mungkin mengandung tulisan, mengandung gambar, video, dan berbagai media lainnya. Biasanya, Web menyediakan sarana untuk melakukan perjalanan di dalam-nya melalui link atau hyperlink yang tersedia.


Web memungkinkan penyebaran informasi melalui Internet secara mudah dalam format yang bebas. Tidak heran, jika web adalah merupakan kunci utama mengapa Internet menjadi sangat populer. Internet kadang-kala di anggap identik dengan Web, walaupun sebetulnya Web hanyalah merupakan salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan di Internet.

Pada postingan di-label ini, akan di jelaskan terlebih dahulu yaitu: tentang latar belakang dan sejarah Web di Internet. Kemudian akan di jelaskan pula, baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu: penjelasan melalui latihan dan contoh, tentang Web browser, cara berselancar di Internet, dan cara mencari situs yang baik untuk pelajaran.

Sejarah world wide web

World Wide Web ("WWW" atau lebih singkat "Web") adalah sebuah media informasi global, di mana penggunanya dapat membaca dan menulis melalui komputer yang tersambung ke Internet. Istilah Web sering di-identikan dengan Internet itu sendiri, meskipun sebenarnya Web adalah merupakan salah satu jasa yang dijalankan di atas Internet seperti halnya e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web tersebut di kembangkan.


Sejarah Web dimulai pada ahun 1980, ketika seorang Inggris bernama Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN (Badan Tenaga Atom Eropa) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software. Berners-Lee juga memperkenalkan konsep hypertext, di mana setiap halaman informasi baru di-ENQUIRE akan tersambung secara langsung ke halaman yang ada.

Pada tahun 1984, Tim Berners-Lee kembali ke CERN dan mengemukakan gagasannya, bahwa: semua fisikawan di dunia perlu untuk berbagi data. Sayangnya, tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan untuk hal itu agar terjadi. Atasan tim Mike Sendall, meminta Tim untuk meng-imlementasikan gagasannya di mesin workstation NeXT yang baru saja diterima oleh CERN. Pada waktu itu, ada beberapa nama yang disiapkan untuk gagasan Berners-Lee, antara lain: 'Information Mesh, The Information Mine atau Mine of Information, dan World Wide Web' yang akhirnya dipilih.

Bulan Desember 1990, Tim Berners-Lee berhasil membuat semua perangkat yang dibutuhkan agar Web dapat bekerja, dan itu merupakan web browser yang pertama, World Wide Web (yang juga merupakan Web editor), Web server pertama (info.cern.ch), dan halaman Web yang pertama yang menjelaskan tentang proyek tersebut. Browser yang dikembangkan dapat mengakses kelompok diskusi USENET dan juga mengakses file FTP. Sayangnya, Web browser tersebut hanya dapat dijalankan pada mesin NeXT. Kemudian, Nicola Pellow membuat browser sederhana yang dapat dioperasikan di hampir semua komputer.

Paul Kunz dari Stanford Linear Accelerator Center (SLAC) mengunjungi CERN pada bulan Mei 1991 dan sangat tertarik dengan Web. Paul membawa pulang perangkat lunak NeXT ke SLAC, di mana pustakawan Louise Addis kemudian meng-adaptasikannya untuk sistem operasi VM/CMS yang berjalan pada mainframe IBM untuk memperlihatkan katalog dari dokumen online di SLAC. Web ini merupakan Web Server pertama di luar Eropa dan pertama di-Amerika Utara.

Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini kemudian ditandai sebagai tanggal kemunculan Web pertama kali secara publik di Internet.

Web browser

Web browser adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di Internet atau di jaringan lokal. Tulisan dan gambar dihalaman Web dapat mempunyai hyperlink ke halaman Web lain di mesin yang sama, atau di situs web lainnya. Web browser memungkinkan bagi pengguna untuk secara cepat dan mudah dalam mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Web browser akan memformat informasi HTML untuk ditayangkan. Karena itu, tampilan halaman Web sedikit berbeda dari satu browser ke browser yang lain.

Ada beberapa Web browser yang dapat kita gunakan, antara lain: Mozilla Firefox, Safari, Konqueror, Opera, Flock, Epiphany, K-Meleon dan AOL Explorer. Saat ini, Firefox merupakan Web browser terbaik yang banyak digunakan di Internet. Bagi kita yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, Firefox akan langsung terinstal saat kita menginstal sistem operasi tersebut.

Menu pada sebuah web browser

Berbagai menu penting yang ada pada sebuah Web browser terlihat pada gambar berikut:


Anatomi sebuah browser diperlihatkan pada Gambar 4.3. Secara garis besar, bagian-bagian browser Web adalah sebagai berikut:
  • Title Bar – untuk memperlihatkan judul Web yang sedang diakses.
  • Address Bar – untuk memperlihatkan alamat situs Web.
  • Tombol Navigasi – untuk navigasi di Web, seperti kembali, maju.
  • Menu Bar – berisi beberapa menu tambahan, seperti Bookmark, File, Print dsb.
  • Google Bar – untuk mengetikkan kata kunci pencarian di Google.
Dari sekian banyak menu yang tersedia, kemungkinan besar yang akan sangat berguna untuk berselancar di Internet adalah: Address Bar, (saat kita memasukan alamat Web yang akan di akses melalui Internet). Alamat Web biasanya menggunakan kata-kata seperti:
www.google.com atau www.detik.com

Tombol Navigasi, untuk maju atau mundur ke halaman Web yang lain.

Menggunakan mesin pencari

Keberhasilan kita dalam menggunakan mesin pencari Web di Internet menentukan keberhasilan kita berselancar dan memperoleh informasi dengan baik. Mesin pencari adalah mesin yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web. Informasi tersebut dapat berupa halaman Web, gambar, dan berbagai jenis file. Beberapa mesin pencari juga menggali data dari koran, dari buku, basis data, atau dari berbagai direktori yang terbuka.

Ada cukup banyak mesin pencari automatis di Internet. Beberapa mesin pencari yang baik dan terkenal di Internet adalah:

Google >> www.google.com
Yahoo >> www.yahoo.com


Seperti yang ditayangkan pada Gambar 4.6, tampilan mesin pencari Google yang berada pada alamat www.google.com atau www.google.co.id sangat sederhana sekali. Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat menu utama berupa kolom tempat kita memasukkan kata kunci mengenai informasi yang akan kita cari.

Mesin pencari Web akan membantu kita dalam proses pencarian informasi. Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana memasukkan kata kunci yang benar ke mesin pencari, sehingga kita tidak mendapatkan terlalu banyak, atau terlalu sedikit informasi yang membuat kita tidak dapat menemukan informasi yang kita cari. Tentunya, seperti hal-nya semua kecakapan lain, bahwa: banyak berlatih adalah akan membuat kita menjadi mahir.

Beberapa situs yang menarik untuk belajar

Ada beberapa situs yang menarik untuk proses belajar dan mengajar, meskipun sebagian situs tersebut kadang berbahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa situs ilmu pengetahuan di Internet:
  • id.wikipedia.org
  • en.wikipedia.org
  • www.ipl.org
  • www.ipl.org/div/kidspace/
  • www.homeworkspot.com
Bagi kita yang ingin mencari pengetahuan dalam bahasa Indonesia, ada baiknya kita masuk ke beberapa situs berbahasa Indonesia berikut ini:
  • www.oke.or.id/
  • bse.depdiknas.go.id/
  • opensource.telkomspeedy.com/bse
    (situs copy dari Buku Sekolah Elektronik).
  • www.psmk.net
Situs pembantu yang bermanfaat terutama untuk proses penerjemahan adalah:
  • translate.google.com
  • www.toggletext.com
Untuk menghemat sambungan Internet, kita dapat menyimpan hasil pencarian kita di USB flashdisk dan harddisk dengan mudah, dan dapat dilihat pula nantinya, oleh teman-teman kita.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger