-->
Home » , » Propagasi antar dua titik di bumi

Propagasi antar dua titik di bumi

Written By Anisa film on Senin, 16 Juni 2014 | 6/16/2014 08:00:00 AM


PROPAGASI GELOMBANG RADIO
1. Propagasi Ruang Bebas
2. Propagasi Antar Dua Titik di Bumi
3. Gelombang Permukaan
4. Atmosfir Bumi
5. Pengaruh Atmosfir Pada Propagasi

Bila kita deskripsikan, jenis-jenis gelombang yang ada dapat dibedakan menjadi empat macam. Penjelasan untuk jenis gelombang itu adalah sebagai berikut:
  1. Gelombang terarah antara dua titik: Propagasi gelombang yang demikian biasa disebut dengan propagasi segaris pandang (line of sight).
  2. Gelombang terpantul, yaitu: merupakan gelombang yang datang setelah adanya pantulan pada suatu titik diantara permukaan bumi.
  3. Gelombang permukaan, yaitu: merupakan gelombang yang merambat pada permukaan bumi, dan mengikuti kelengkungan yang ada.
  4. Gelombang ionosferik, atau gelombang langit: merupakan gelombang yang mengarah keatas langit (meninggalkan pemancar), kemudian menekuk karena ada-nya lapisan konduksi pada atmosfir yang lebih tinggi. Setelah itu, kembali ke-permukaan bumi.


Gambar 4.2. Antena pemancar memancarkan berbagai jenis gelombang

Gelombang terarah, gelombang terpantul, dan gelombang permukaan bersama-sama muncul. Karena itu, gabungan gelombang ini disebut sebagai gelombang tanah (ground wave). Sementara itu, yang disebut gelombang ruang (space wave) merupakan gabungan antara gelombang terarah dan gelombang yang dipantulkan oleh permukaan bumi.

Lapisan ionosfir berada pada ketinggian antara 50 hingga 400 kilometer di atas permukaan bumi. Sementara itu, troposfir hanya pada ketinggian 10 kilo-meter di atas permukaan bumi. Propagasi pada lapisan ini disebut sebagai propagasi troposferik. Di antara lapisan troposfir dan ionosfir, ada suatu lapisan lagi yaitu: stratosfir. Pada lapisan ini gelombang langit dan gelombang permukaan menjalar. Mekanisme propagasi biasanya bergantung pada frekuensi. Tabel 4.1. di bawah ini menunjukkan hubungan tersebut.

Gelombang tanah dan gelombang langit (Perhatikan gambar 4.1. bagian kiri) digunakan untuk pemancaran frekeunsi-frekuensi rendah dan telegrafi daya besar. Sementara pada frekuensi menengah dan frekuensi tinggi, dipakai untuk broadcasting suara. Gelombang dengan daya besar dapat dipantulkan beberapa kali untuk dapat melintasi benua. Perhatikan gambar 4.1. (sebelah kanan).

Sinyal gelombang tanah dan langit dapat diterima tetapi tidak begitu baik, karena bergantung pada kuat sinyal pancaran dan distorsi yang ditimbulkan. Di lain pihak, gelombang langit sangat dipengaruhi oleh fading sebagai hasil dari adanya perubahan karakteristik ionosfir yang terus menerus.

Hubungan antara besar frekuensi dan jenis gelombang propagasinya ditunjukkan pada Tabel 4.1.

Tabel 4.1. Hubungan antara propagasi dan frekuensi

Gambar 4.3. Ketinggian lapisan-lapisan atmosfir di atas bumi

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger