-->

Wiki

Written By Anisa film on Kamis, 02 Februari 2012 | 2/02/2012 09:44:00 PM


Wiki sering kali digunakan sebagai sebuah Ensiklopedia di Internet, dan salah satu yang paling besar adalah Wikipedia. Ensiklopedia adalah sebuah kumpulan tulisan yang sangat lengkap tentang berbagai pengetahuan, atau cabang pengetahuan. Tulisan di Ensiklopedia biasanya ber-urut berdasarkan abjad dari judul artikel.

Dengan adanya Ensiklopedia maupun Wikipedia, diharapkan pengetahuan dapat dikumpulkan dan disebarkan ke seluruh dunia. Pekerjaan dan penemuan yang berhasil kita lakukan dapat bermanfaat bagi para generasi mendatang. Sehingga, dapat di harapkan untuk kehidupan generasi mendatang akan bisa menjadi lebih baik dengan adanya kumpulan pengetahuan dalam Ensiklopedia atau Wikipedia.

Pada label ini, akan di jelaskan terlebih dahulu tentang latar belakang Wiki sebagai media yang dapat menuliskan ilmu pengetahuan secara komunal. Beberapa teknik untuk mencari pengetahuan melalui Wiki akan di jelaskan secara langsung maupun secara tidak langsung melalui berbagai contoh dan latihan. Untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan di Internet Indonesia, di perkenalkan cara membuat account di Wiki maupun teknik sederhana untuk menulis di Wiki.


Wikipedia adalah sebuah proyek ensiklopedia multi bahasa yang di dukung oleh sebuah yayasan nirlaba Wikipedia Foundation. Wikipedia adalah campuran dua kata, yaitu: wiki dan ensiklopedia. Kata wiki berasal dari bahasa Hawaii yang berarti cepat. Belasan juta tulisan dan pengetahuan telah ditulis oleh jutaan relawan di seluruh dunia. Perlu di tekankan sekali lagi disini, bahwa: penulis Wikipedia merupakan sukarelawan yang tidak di bayar, dan mereka menulis karena suka untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain di-dunia. Hal ini menjadikan Wikipedia adalah: sangat kuat.

Wikipedia pertama kali di luncurkan pada bulan Januari 2001 oleh: Jimmy Wales dan Larry Sanger. Pada saat ini, wikipedia merupakan situs referensi paling populer di-Internet.

Wikipedia bahasa Indonesia adalah versi bahasa Indonesia ensiklopedia. Wikipedia sebagai ensiklopedia yang dapat disunting bebas oleh siapa saja yang terdapat dalam jaringan internet. Artikel pertama yang ditulis di Wikipedia bahasa Indonesia adalah: 'Elektron' yang ditulis pada 30 Mei 2003, namun Halaman Utama-nya baru diisi sekitar enam bulan kemudian, pada 29 November 2003. Pada tanggal 3 Februari 2009 terdapat 97.363 artikel di-Wikipedia bahasa Indonesia.

Wikipedia bahasa Indonesia dapat di akses pada alamat - 'id.wikipedia.org'. Tampilan Halaman Utama yang diberikan cukup menarik, seperti tampak pada gambar.


Secara umum berbagai menu dan fasilitas pada Wiki terdapat pada kolom paling kiri. Beberapa tulisan pilihan terdapat pada kolom di tengah. Sementara pada kolom paling kanan terdapat berita-berita terkini yang dapat di baca.

Menu yang akan sangat bermanfaat bagi kita semua adalah: menu pencari yang berupa kolom di bagian atas, juga di kolom sebelah kiri. Kita dapat memasukan kata kunci dari hal yang sedang kita cari pada kolom pencari yang di sediakan.

Mencari pengetahuan di wikipedia

Ketrampilan dalam mencari pengetahuan di Wikipedia akan sangat membantu dalam belajar dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru kita di sekolah. Pada kesempatan ini, mari kita mencari pengetahuan tentang Sejarah Indonesia di Wikipedia berbahasa Indonesia.

Kita akan mencoba untuk mencari tulisan, informasi, atau pengetahuan tentang "Sejarah Nusantara" atau "Sejarah Indonesia". Setelah membaca tentang sejarah di-Wikipedia, mari kita membuat tulisan pendek sekitar dua (2) paragraf tentang raja atau pahlawan yang kita sukai. Dalam hal ini, yang paling utama yaitu: kita mesti bisa untuk menceritakan mengapa pahlawan tersebut menjadi favorit kita ...?

Untuk mencari tentang Sejarah Nusantara atau Sejarah Indonesia itu cukup mudah, yaitu: dengan menggunakan Wikipedia bahasa Indonesia, pada alamat: id.wikipedia.org.
Kita akan dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan memasukan kata kunci: 'Sejarah Nusantara' atau 'Sejarah Indonesia' pada kolom kata kunci yang tersedia seperti pada tampilan gambar.


Melalui wikipedia, kita dapat memperoleh informasi tentang berbagai kejadian sejarah di masa lalu, yaitu sebelum Indonesia merdeka maupun sejarah sesudah Indonesia merdeka. Ada banyak raja, ada banyak kerajaan maupun pahlawan yang berperan di bumi Indonesia. Sebagian besar dari nama-nama dan latar belakang para raja dan pahlawan yang ada dapat di baca di Wikipedia.

Tentu saja, ada cara lain untuk memperoleh kisah para pahlawan atau orang-orang yang sangat berpengaruh di negara Indonesia. Beberapa kata kunci yang akan memperlihatkan daftar pahlawan atau orang-orang penting di-Indonedia atau nusantara antara lain adalah:
  • Pahlawan Nasional Indonesia
  • Tokoh Indonesia
Melalui kata kunci di atas, kita akan memperoleh ratusan tokoh maupun pahlawan Indonesia. Melalui berbagai kisah perjuangan para tokoh maupun para pahlawan Indonesia, kita dapat belajar banyak akan kiprah mereka dalam membangun apa yang kita nikmati pada hari ini.

Bacalah dengan santai, kisah-kisah para pahlawan dan tokoh Indonesia tersebut. Ceritakan dalam dua (2) paragraf pahlawan yang paling kita sukai. Mengapa pahlawan atau tokoh tersebut demikian memikat perhatian kita.

Memang, kadang kala apa yang tersedia di Wikipedia tidak terlalu lengkap. Karena itu, kita mesti melakukan explorasi lebih jauh menggunakan Google atau membaca berbagai literatur di perpustakaan atau di toko buku. Dengan keterbatasan yang ada di-Wikipedia, sebetulnya sudah cukup banyak informasi yang dapat kita peroleh tentang beberapa tokoh atau pahlawan penting di Indonesia.

Membuat account di inetwiki

Untuk dapat menulis dengan baik di Wiki, sebaiknya kita membuat Account pada situs Wiki tersebut. Pada contoh ini akan diperlihatkan cara membuat account di situs InetWIki yang beralamat di:
wiki.detikinet.com.

Situs InetWIki adalah kontribusi dari situs DetikINet (www.detikinet.com) untuk para pengguna teknologi informasi di Indonesia. Mari kita membuat account untuk masing-masing kita pada situs InetWiki:
(wiki.detikinet.com).


Membuat account pada situs InetWiki itu cukup mudah, dan kita dapat melakukannya dengan beberapa langkah sederhana sebagai berikut:
  1. Masuk ke InetWiki pada alamat wiki.detikinet.com. Tampilan halaman Muka dari InetWiki tampak seperti Gambar 6.4.
  2. Pada halaman utama InetWiki terdapat menu 'create account' atau membuat account baru di pojok kanan atas. Menu membuat account baru ini menjadi penting, karena untuk membuat tulisan di InetWiki kita perlu mempunyai username dan password sebelum dapat menulis di InetWiki.
  3. Bagi kita yang sudah mempunyai account, dapat langsung memilih menu 'Login' yang berada di sebelah 'create account' untuk masuk Login ke InetWiki.
  4. Mari, kita membuat account baru di InetWIki. Klik pada menu 'Create Account'. Pada halaman Login yang kemudian ada tampilan, lalu pilih lagi menu 'Create an account'.
  5. Halaman untuk membuat account baru akan di tampakan seperti pada Gambar 6.5. Pada halaman untuk membuat account baru, kita cukup memasukan: 'Username' –> username yang kita inginkan. 'Password' -> password yang kita inginkan.
  6. Untuk e-mail dan Real Name sifatnya tidak wajib di isi. Kita tetap dapat menulis di Wiki tanpa perlu memasukan e-mail dan Real Name. Untuk sebaiknya, bagi kita yang mempunyai e-mail, itu tetap mengisi e-mail-nya.


Setelah semua di isikan dengan benar, tekan tombol 'Create account' untuk mengaktifkan account di InetWiki. Selanjutnya, kita dapat login dan masuk ke InetWiki untuk dapat berpartisipasi dan menulis di dalamnya.

Menulis di wiki

Pada latihan ini kita akan mencoba menulis sebuah informasi atau pengetahuan di Wiki. Kita sebaiknya tidak menggunakan Wikipedia untuk keperluan ini, karena kita masih dalam taraf belajar untuk menulis di Wiki. Untuk keperluan ini kita akan menggunakan INetWiki yang berada pada alamat:
wiki.detikinet.com, yang merupakan salah satu kontribusi:
DetikINet (www.detikinet.com) kepada masyarakat IT Indonesia.

Mari kita menulis tentang hal menarik di sekeliling kita. Untuk keperluan menulis ini, cobalah memperhatikan di-sekeliling kita. Apa saja yang menarik dari sekitar kita ...? Mungkin bisa saja berupa kehidupan tukang ngamen di jalanan, tukang sate yang lewat di depan rumah kita pada malam hari, atau toko yang menjual mainan yoyo yang tidak jauh dari rumah kita, tukang cukur rambut yang mencukur rambut kita pada setiap bulan, atau mungkin angkot yang biasa kita pakai ke sekolah setiap hari. Tentunya hal yang menarik tidak harus berupa manusia, tapi dapat juga tentang anjing kita, binatang peliharaan kita, atau bunga atau tanaman dan masih banyak lagi.

Coba perhatikan mereka, coba tanyakan pada mereka akan usaha yang mereka lakukan. Gali aktifitas yang menarik yang mereka lakukan, dan tulis dari kisah menarik mereka dalam beberapa paragraf di situs InetWiki:
(wiki.detikinet.com)


Setelah observasi dilakukan dan kita siap untuk menulis di Wiki, kita perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk dapat menulis di-InetWIki. Langkah sederhana tersebut adalah:
  1. Terlebih dulu, kita harus login ke InetWiki pada pada menu login yang ada di ujung kanan atas dari halaman muka InetWiki sehingga menampilkan gambar.
  2. Setelah kita sukses login ke InetWik, biasanya akan di tampilkan tulisan Login successful.
  3. Selanjutnya, klik halaman utama Main Page.


Untuk memulai menulis artikel di Wiki, cara yang paling sederhana adalah:
  1. Ketik judul artikel yang kita ingin tulis di bagian Search, misalnya: 'Angkot di Kota Kembang'. Kemudian tekan tombol Go seperti pada yang di-tampilkan di gambar.
  2. Biasanya akan muncul pemberitahuan minimal ada dua (2) kemungkinan yang akan di berikan oleh InetWiki. Jika judul tersebut belum ada, maka biasanya akan diberitahukan dengan kalimat yang bunyinya 'There is no page titled "Judul Artikel Anda". You can create this page'. Kita dapat mengklik create this page untuk mulai menulis, seperti di-perlihatkan pada gambar.
  3. Jika ternyata sudah ada judul yang anda masukan, maka biasanya kita akan langsung masuk ke artikel tersebut. Jika ada kata yang kita masukan di search terdapat dalam beberapa artikel, maka akan diberitahukan di artikel mana saja kata tersebut berada. Kita dapat memilih artikel yang akan kita edit atau kita baca dari pilihan yang ada.


Gambar 6.8, adalah hasil dari pencarian yang menunjukan bahwa artikel belum ada, dan kita dapat membuat artikel tersebut.
  1. Setelah di klik Create this page, maka InetWiki akan secara automatis memberikan menu untuk memulai menulis artikel yang ingin kita buat.
  2. Pada menu pembuatan tulisan, ada beberapa menu pembantu untuk memformat dan mempercantik tulisan, seperti: membuat huruf besar, huruf bold, menambahkan alamat Web, memasukan gambar dsb. Bagi kita yang masih pemula, mungkin tidak terlalu penting untuk membuat tulisan yang cantik, yang lebih penting adalah isi tulisan perlu baik.
  3. Setelah seluruh tulisan selesai di tulis, kita dapat 'scroll' layar ke-bawah. Di bagian paling bawah dari fasilitas menulis artikel ini terdapat tombol 'Save Page'. Tekan tombol Save Page untuk menyimpan artikel yang kita tulis di InetWiki.'
Selesai sudah semua proses penulisan artikel di Wiki. Sepertinya, cukup Mudah bukan ...?

1 komentar :

  1. I have been browsing on-line more than 3 hours
    lately, but I by no means found any fascinating article like yours.
    It's pretty value sufficient for me. Personally, if all website owners and bloggers made
    good content material as you did, the web will probably be much more
    useful than ever before.

    My web page; affiliate marketers

    BalasHapus

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

Translate

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

 
SUPPORT: anisa indra - dmca
Copyright © 2011-2018. Citra teknologi - All Rights Reserved
Template Created by: Creating Website
Published by: Mas Template - Proudly powered by: Blogger